5 Cara Terjangkau Menciptakan Budaya Perusahaan Seperti Google

5 Cara Terjangkau Menciptakan Budaya Perusahaan Seperti GoogleTIPSWIRAUSAHA.COM – Sebagaimana perusahaan besar yang telah diilustrasikan, bukan hal yang tidak mungkin untuk menjalankan bisnis yang sukses namun tetap bersenang-senang. Google, misalnya, memiliki budaya perusahaan yang unik, dengan polong tidur siang dan makanan gratis bagi karyawan.

Sementara perusahaan berinvestasi jutaan dolar dalam setahun untuk kantor dan budaya, hal itu mungkin bagi perusahaan kecil untuk menciptakan budaya perusahaan yang unik juga. Ya, Anda bisa melakukan yang terbaik untuk menciptakan budaya kantor menyenangkan tanpa menghabiskan banyak uang.

1. Buat tantangan kantor yang menyenangkan

Siapa pun yang menyaksikan film The Internship tahu Google menggunakan kompetisi kantor untuk memotivasi karyawannya. Perusahaan kecil tidak hanya dapat melakukan hal ini, mereka juga dapat menggabungkan tantangan kantor lainnya untuk menciptakan budaya kerja yang menyenangkan.

Ciptakan tantangan menyenangkan, libatkan anggota tim yang dan berikan istirahat dari hari kerja. Buat kompetisi masak tahunan, pertandingan ping pong, turnamen olahraga di tempat parkir.

Ide-ide ini sebagian besar bebas dan menyenangkan untuk dilakukan. Organisasi juga dapat menawarkan hadiah kecil untuk para pemenang, seperti kartu diskon ke restoran lokal. Personalisasikan ke kantor dan staf dan biarkan semua orang terlibat.

2. Bergeraklah!

Lebih dari separuh pekerja merasa seperti mereka kelebihan berat badan, menurut CareerBuilder. Google menawarkan gym dan kolam renang, dan sementara sebagian besar perusahaan tidak memiliki sumber daya untuk melakukan itu, mereka pasti dapat menggabungkan kebugaran ke lingkungan tempat kerja.

Kegiatan kebugaran bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk beristirahat dan membuat karyawan bergerak. Pertimbangkan memanfaatkan pertemuan berjalan agar semua menjadi produktif dan aktif. Tidak perlu biaya sepeser pun untuk berkreasi dan bersenang-senang dengan itu!

3. Rayakan acara-acara khusus dengan cara yang unik

Google baru-baru ini memberikan seorang karyawan waktu libur selama seminggu untuk ulang tahunnya setelah putrinya menulis surat kepada perusahaan. Perusahaan kecil dapat melakukan banyak hal untuk merayakan acara-acara khusus juga. Membuat karyawan merasa dihargai merupakan cara panjang ke arah menciptakan budaya perusahaan yang positif.

Pikirkan tentang membuat kalender dengan ulang tahun semua orang atau miliki perayaan bulanan.

4. Luangkan waktu untuk bersenang-senang

Keberhasilan Google telah membuktikan bahwa semuanya tidak harus bekerja dan bermain saja. Perusahaan ini memiliki perosotan, ruang biliar, dan hal menyenangkan lainnya yang dapat dimanfaatkan karyawan ketika mereka perlu istirahat. Sementara setiap kantor tidak selalu memerlukan perosotan, meluangkan waktu untuk bersenang-senang adalah cara mudah dan gratis untuk menciptakan budaya perusahaan besar yang baik.

Tidak perlu menghabiskan uang atau mengambil banyak waktu, tetapi penting untuk menyisihkan sedikit waktu untuk bersenang-senang. Karyawan akan bersantai dan kantor akan memiliki suasana yang baik. Namun perlu diingat untuk melakukannya secara ringan untuk menghindari kehilangan terlalu banyak waktu dan produktivitas.

5. Sesekali keluar dari kantor

Karyawan Google melakukan perjalanan ski dan piknik musim panas, dan sementara hal ini bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan perusahaan setiap minggu, keluar dari kantor baik untuk memberikan karyawan istirahat dan membantu menjaga tingkat motivasi tetap di atas.

Karyawan dapat melakukan perjalanan misi dan menghabiskan waktu sebagai relawan lokal setiap tahun, misalnya.

Keluar dari kantor sesekali dapat membantu karyawan merasa segar dan bersemangat melakukan pekerjaannya. Ini memberikan istirahat kecil sehingga mereka bisa kembali dengan peningkatan fokus dan produktivitas.

Budaya organisasi semakin penting. Menciptakan budaya yang unik ini tidak harus mengeluarkan biaya, dan dapat mempengaruhi bagaimana anggota tim berinteraksi satu sama lain, membangun hubungan yang lebih kuat dan, idealnya, meningkatkan produktivitas.

(photo: www.svicenter.com)