Sedang Mempertimbangkan Bisnis Online? Baca Ini Dulu!

Sedang Mempertimbangkan Bisnis Online? Baca Ini Dulu!TIPSWIRAUSAHA.COM – Ada masalah pelik yang mengganggu masyarakat kewirausahaan, terutama mereka yang mengejar strategi bisnis online.

Masalahnya adalah ini: Internet telah meratakan lapangan bermain dengan menurunkan hambatan masuk, membuat persaingan ketat dan diferensiasi lebih penting daripada sebelumnya. Sementara itu, tekanan media sosial meningkat untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma budaya, membuat Anda kurang terdiferensiasi.

Dengan kata lain, peluang Anda untuk sukses dalam bidang Web-enabled jauh lebih rendah daripada yang Anda sadari. Tidak ada contoh yang lebih baik dari fenomena ini dari mantra bahwa setiap orang adalah pemenang, tidak ada yang harus kalah, dan persaingan hanya bagian dari imajinasi Anda.

Pikirkan ini. Semua orang dan saudaranya mendorong Anda untuk memasuki pasar yang paling ramai dan kompetitif dalam sejarah dunia, sementara pada saat yang sama mengatakan Anda tidak perlu khawatir tentang kompetisi atau diferensiasi yang nyata. Yang Anda butuhkan adalah sebuah situs web, merek pribadi, dan beberapa pengikut media sosial dan semuanya akan memberikan hasil yang besar.

Satu-satunya masalah bukan perihal cara kerjanya, bukan apakah itu di dunia nyata atau virtual. Pelanggan menginginkan produk yang lebih baik atau jasa, sesederhana itu.

Pasar dasarnya zero-sum game. Pada tingkat makro, mereka mungkin cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Tapi, pada tingkat mikro, setiap transaksi memiliki satu pemenang dan banyak pecundang. Setiap orang bersaing untuk hal yang sama hingga pangsa pasar, anggaran, klik, dan bola mata.

Anda dapat menghindari hasil kurang menyenangkan dengan mempertanyakan setiap mitos populer:

Web membuat bisnis yang mudah

Sebagian benar tetapi belum tentu hal yang baik. Walaupun internet memang menurunkan hambatan untuk memasuki banyak pasar, namun itu adalah pedang bermata dua. Memang benar untuk semua orang, berarti kompetisi adalah diferensiasi besar dan benar sangat sulit didapat.

Lakukan apa yang Anda sukai

Meskipun Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses dalam suatu hal yang Anda cintai, itu tidak mengubah hukum penawaran dan permintaan atau bagaimana pelanggan menilai produk atau jasa tertentu. Jika semua orang melakukannya, sulit untuk menghasilkan uang.

Personal branding berarti diferensiasi.

Tidak peduli bagaimana Anda memutarnya, bisnis selalu bicara mengenai produk dan layanan, mengalahkan persaingan dengan cara-cara yang berarti bagi pelanggan. Itulah yang kita sebut proposisi nilai. Dengan kata lain, diferensiasi selalu ada di mata pelanggan.

Kewirausahaan adalah pola pikir

Kewirausahaan bukanlah keadaan pikiran. Ini bukan tentang berpikir atau merasa dengan cara tertentu. Ini semua tentang mengambil risiko, memulai bisnis, mengembangkan produk atau jasa, mengalahkan kompetisi, dan menghasilkan uang. Jika Anda dapat melakukan itu selama bertahun-tahun dengan baik, maka Anda adalah seorang pengusaha.

(photo: re-word.net)