4 FIlm Ini Wajib Ditonton Entrepreneur

4 FIlm Yang Harus Ditonton EntrepreneurTIPSWIRAUSAHA.COM – Ketika melihat kembali kehidupan kewirausahaan Anda, Anda akan menyadari bahwa banyak pengetahuan tentang kewirausahaan telah dibentuk oleh buku yang Anda baca selama bertahun-tahun. Demikian juga dengan film, yang secara langsung berdampak dan membentuk filosofi bisnis Anda.

Nah, berikut adalah 4 film yang termasuk dalam kategori ini, dan tentu semua entrepreneur dapat menemukan sesuatu yang berharga untuk dipelajari:

1. Steve Jobs: The Lost Interview

Salah satu film yang pertama terlintas dalam pikiran sebagai titik referensi yang baik bagi entrepreneur adalah Lost Interview dari Steve Jobs. Ini adalah film dokumenter sangat membantu bagi orang-orang yang tertarik untuk memulai sebuah perusahaan teknologi, tetapi ada juga pelajaran berharga untuk semua entrepreneur. Keindahan dokumenter adalah dalam kesederhanaannya.

Dalam film tersebut, Jobs berbicara secara terang-terangan, melalui campuran anekdot pribadi dan filsafat, tentang hal-hal inti yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan sebuah perusahaan yang sukses. Salah satu hal yang mengejutkan adalah kemampuannya untuk fokus pada kualitas produk dan konten sebagai bahan yang paling penting dalam keberhasilan perusahaan.

Wawancara ini juga berfungsi sebagai studi karakter yang menarik, yang telah dilakukan tak lama setelah Apple memecatnya sebagai CEO di tahun 90-an. Ia berbicara dengan keterusterangan yang luar biasa dalam film, membuat sebuah film dokumenter yang sangat menarik untuk ditonton.

2. Tucker: The Man and His Dream

Film lain yang juga direkomendasikan kepada entrepreneur adalah Tucker, yang dibintangi Jeff Bridges sebagai Preston Tucker, seorang pengusaha mobil – manufaktur dari tahun 40-an. Film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola, kurang dari dokumenter tetapi lebih dari sekedar skrip khas Hollywood.

Fil ini memberikan suntikan semangat dan energi yang harus dimiliki entrepreneur sejati. Antusiasme Tucker adalah listrik dan menular dalam film. Di sisi lain, cerita juga grafis, dan perjuangan yang Tucker hadapi dalam mencoba untuk bersaing dengan raksasa otomotif di Detroit.

Film ini memberikan gambaran klasik mengenai bagaimana rasanya bermimpi dan memulai sebuah perusahaan, yang mencakup seluruh spektrum penuh emosi yang terlibat.

3. Startup.Com

Startup.com adalah sebuah film dokumenter tentang govWorks, sebuah perusahaan startup yang gagal dari era gelembung dotcom. Para pembuat film disuguhi level menakjubkan mengenai akses ke perusahaan dan kepemimpinannya, memberikan perspektif keberhasilan yang meroket dan jatuh tiba-tiba.

Film ini dapat, dalam banyak hal, dianggap sebagai pendamping Paul Hawken’s Growing a Business. Sementara Hawken menyediakan peta jalan untuk menjalankan bisnis dengan sukses, Startup.com adalah one-stop shop dalam memulai dan menjalankan bisnis. Film ini menggambarkan kepemimpinan perusahaan lebih daripada sekedar substansi, antitesis dari Steve Jobs yang digambarkan dalam The Lost Interview.

4. Man on Wire

Film terakhir yang kami sarankan adalah, pada tingkat yang dangkal, sama sekali tidak terkait dengan kewirausahaan. Man on Wire bercerita tentang Philippe Petit, karir pejalan di atas tali yang ingin menerapkan perdagangannya dalam skala yang luar biasa: berjalan dari salah satu menara World Trade Center yang lain pada sebuah kawat. Cerita melibatkan rencana yang rumit untuk mencapai prestasi yang sangat ilegal dan tidak sah ini di awal 70-an.

Untuk setiap orang yang berpikir logis, tidak ada titik akhir logis untuk seluruh proyek Petit. Bahkan ketika ia mencoba untuk menjelaskan motivasi di balik berjalan di antara dua menara, kedengarannya sangat aneh. Ia melakukannya hanya karena ingin. Hal ini sangat selaras dengan pemilik bisnis, karena memulai bisnis membutuhkan pola pikir yang sama.

Sebagai seorang pengusaha, Anda memiliki lagu yang ingin Anda nyanyikan, dan Anda hanya perlu menyanyikannya, bahkan jika itu tidak masuk akal bagi orang lain.