Peluang Usaha Bisnis Bengkel Motor

usaha bengkel motorDengan melihat pesatnya perkembangan otomotif terutama roda dua yang lebih tepatnya adalah sepeda motor, membuat beberapa orang untuk mencoba membuka usaha bengkel motor, toko sparepart serta accessories motor dipilih sebagai suatu usaha atau bisnis yang dianggap mampu memberikan keuntungan besar sampai saat ini.

Sebelum Anda memulai untuk membuka usaha ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama bagi yang pemula dalam hal bisnis.

Berikut ini adalah Tips untuk Membuka Usaha Bengkel Motor:

Lokasi

Hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan adalah memilih lokasi tempat usaha Anda serta sasaran konsumen dan komptetitor. Pada dasarnya lokasi yang pas untuk membuka semua jenis usaha adalah sangat penting dan harus kita perhatikan. Sama halnya dengan membuka usaha bengkel motor ini.

Lokasi yang strategis biasanya berada dalam area jangkauan market yaitu sekitar jarak radius kurang lebih 1 Km, terdapat banyak sepeda motor seperti pemukiman penduduk, perumahaan, perkantoran dan lain sebagainya.

Sasaran Market

Setelah menemukan lokasi yang ideal, Anda bisa memilih sasaran market atau calon pengguna jasa bengkel kita. Jenis bengkel motor yang bisa kita pilih diantaranya adalah bengkel resmi, bengkel umum, bengkel tuneup.

Jika Anda ingin membuka bengkel resmi, Anda bisa menghubungi langsung kantor service center yang Anda inginkan dan biasanya diminta syarat-syarat tertentu dan tergantung perusahaan yang memberikan izin.

Untuk sasaran market atau sasaran konsumen calon pelanggan bengkel umum adalah pengguna motor biasa yang memerlukan service standar dengan penggantian sparepart dan perawatan ringan. Berbeda halnya dengan bengkel resmi, bengkel tuneup merupakan spesialis untuk merubah motor menjadi tidak standar, dan biasanya untuk memenuhi permintaan konsumen untuk merubah kecepatan atau akselerasi motor serta memiliki sasaran market yang lebih sempit dan market ini biasanya lokasi tidak menentukan karena pelanggan biasa didapat dari promosi tertentu.

Pertimbangkan tentang Persaingan Usaha

Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah tentang persaingan usaha yaitu kompetitor atau bengkel yang sudah ada di sekitar lokasi  rencana Anda untuk membuka bengkel.

Usahakan Anda harus memiliki visi serta misi untuk berburu pelanggan secara kompetitor. Persaingan sehat akan membangun bisnis lebih baik serta mendorong Anda untuk memberikan pelayanan yang baik.

Tenaga Yang Handal

Hal yang selanjutnya adalah menentukan kualitas teknisi, karena jika diibaratkan rumah makan, teknisi adalah seorang koki sehingga kualitas teknisi akan juga dapat menentukan masa depan pada usaha bengkel Anda. Managemen suatu bengkel dalam pengertian secara luas adalah menentukan pelayanan serta kenyamanan pelanggan, kerapihan suatu bengkel, sistem administrasi bengkel dan lain sebagainya.

Memanage suatu usaha itu sangatlah diperlukan, terutama untuk bagian administrasi keuangan bengkel yaitu tentang menentukan biaya jasa yang akan dikenakan untuk pelanggan atau konsumen, perkiraan untuk target pemasukan, sistem gaji teknisi dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan bertujuan agar anggaran dana dan target investasi atau waktu modal kembali ke titik impas dapat diperhitungkan secara rinci.

Peralatan dan Perlengkapan

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah mengenai peralatan dan perlengkapan. Hal ini sangatlah penting karena hal ini adalah yang paling nyata. Mengingat saat ini banyak sekali pilihan jenis, merk serta kualitas peralatan, sangat disarankan untuk Anda yang baru akan memulai merintis usaha bengkel ini untuk memilih peralatan basic atau standar saja terlebih dahulu dan untuk mengetahui peralatan serta perlengkapan kerja secara rinci, Anda pun bisa bertanya langsung pada toko penjual peralatan bengkel. Pilihlah peralatan dengan kualitas yang baik dan awet sehingga waktu pemakaiannya cukup lama.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda akan memulai usaha bengkel motor ini, usaha bengkel motor ini tidak akan pernah sepi, karena semakin bertambah banyaknya jumlah kendaraan bermotor roda dua ini. Semoga bermanfaat.