Inilah Rahasia Kedai Kopi Sukses

Inilah Rahasia Kedai Kopi SuksesTIPSWIRAUSAHA.COM – Tidak ada rahasia untuk kedai kopi yang sukses; pada kenyataannya, sebagian besar rahasia dalam bisnis ialah kerja keras, pengalaman yang luas, atau keberuntungan, atau malah kombinasi dari ketiganya. Sukses secara finansial pun belum tentu memberikan segalanya yang pelanggan harapkan

Meskipun ada ratusan alasan mengapa suatu kedai kopi mungkin berhasil (termasuk keberuntungan), berikut adalah beberapa alasan yang Peter Baskerville pikir mengantarkannya membangun 20 kafe dan bisnis makanan:

Secara konsisten menghidangkan espresso terbaik

Sangat jarang dalam bisnis ini untuk menemukan produk mana yang konsisten menawarkan kualitas 100%, dan ini adalah keputusan komersial terbaik yang bisa Anda buat. Pelanggan akan berjalan melewati sepuluh pesaing lainnya untuk mendapatkan espresso terbaik, itulah sebabnya mengapa faktor ini saja berarti Anda tidak perlu memilih lokasi yang paling mahal dan terlihat.

Jadi belilah mesin kopi espresso terbaik, instal dengan pemurni air dan demineralizer, gunakan penggiling berbentuk kerucut, dan pilih biji panggang Arabica atau Robusta segar dengan kualitas terbaik, dan pastikan setiap cangkir dibuat oleh barista terlatih.

Ergonomi adalah vital

Pastikan workstation dan tata letak pembuat kopi sedemikian rupa sehingga barista hampir tidak perlu berjalan jauh untuk membuat kopinya, dan mereka tidak bersaing ruang dengan anggota staf lain.

Penjualan kopi volume tinggi adalah batu fondasi dari setiap kedai kopi, jadi pastikan penataannya sempurna dengan akses mudah ke tempat sampah di bawahnya, penyimpanan biji, dan susu bar, memiliki ketinggian meja yang tepat dengan akses mudah ke cangkir, penggiling, aksesoris, dan penyimpanan persediaan terjangkau.

Pastikan juga terdapat wastafel inbuilt kecil untuk memungkinkan pembersihan berlangsung cepat dan mudah. Juga, tempat kasir di meja depan di dekat workstation barista. Hal ini memungkinkan barista untuk mendengar pesanan pelanggan, sekaligus memungkinkan barista untuk bekerja sendiri dengan cara yang efisien dalam waktu yang sangat lambat.

Gunakan kartu loyalitas

Kartu loyalitas benar-benar bekerja. Pastikan itu adalah kartu yang berkualitas yang tidak cepat aus dan terlihat baik dalam dompet pelanggan. Tidak ada yang lebih baik daripada melihat seorang pelanggan baru dengan wajah berseri ketika Anda memberi mereka kartu loyalitas gratis ‘beli 7 dapat 8,’ tapi tandai enam sehingga pada pembelian berikutnya ia mendapatkan gratis satu.

Promosikan penjualan ganda

Sebuah kedai kopi tidak akan menghasilkan uang yang cukup untuk membayar tagihan dari penjualan kopi saja. Kopi mungkin motivator utama sehingga pelanggan datang, tetapi mereka harus menjual jika ingin sukses. Sebagai target, kopi sebaiknya tidak lebih dari 40% penjualan mingguan dan dua penjualan item per transaksi pelanggan.

Jadi pastikan penyerta kopi tradisional (muffin, kue) dekat dengan titik penjualan, dan kedai kopi menawarkan makanan dingin, minuman dingin, dan makanan panas untuk memastikan kesempatan terbaik untuk beberapa penjualan.

Batasi keanekaragaman

Banyak pemula dalam bisnis kedai kopi berpikir bahwa aneka produk yang luas adalah kunci keunggulan kompetitif. Mereka lupa bahwa pelanggan hanya lapar atau haus, atau keduanya, dan bahwa berbagai pilihan bagi kebanyakan orang justru membuat bingung.

Jadi cakup kategori yang diperlukan saja, tetapi dengan penawaran terbatas dan strategis. Misalnya tiga rasa cukup, tiga ukuran yang cukup, tiga jenis makanan / minuman yang cukup. Setiap item yang Anda tambahkan membutuhkan lebih banyak biaya.

Tentukan margin

Harga sesuai dengan nilai yang dirasakan pelanggan. Untuk beberapa item terkenal Anda akan perlu berada di atau bahkan di bawah harga pasar, dan kerugian ini harus dilakukan dengan margin tinggi pada barang-barang lain yang eksklusif. Berikan harga berdasarkan ekspektasi pelanggan dan bisa ditanggung di pasaran.

Terapkan strategi yang tepat

Mendapatkan traksi di pasar yang kompetitif seperti kedai kopi sangat penting, dan Anda akan perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana mendapatkan pelanggan dan membuat mereka akan ingin kembali lagi bersama teman-temannya.

Layanan kounter

Layanan kounter adalah sistem layanan yang paling efisien dan efektif untuk kedai kopi, dan sekarang sepenuhnya diterima oleh pelanggan, berkat keberhasilan global McDonalds. Layanan kounter ini bebas gangguan bagi Anda dan pelanggan Anda, dan secara signifikan mengurangi tagihan upah Anda.

Jadi biarkan pelanggan memesan dan membayar di muka, berikan nomor pada minuman mereka, dan berikan makanan atau lebih baik lagi, beri bel yang memanggil mereka ke meja ketika makanan siap. Layanan kounter berarti bahwa Anda dapat menangani tuntutan puncak yang terjadi di kedai kopi saat sarapan dan makan siang, dan itu berarti sedikit stres pada setiap orang.

Pahami apa yang Anda jual

Terlalu banyak bisnis membuat Anda tidak sepenuhnya memahami kebutuhan yang benar-benar memuaskan bagi para pelanggan, sehingga mereka sering berkonsentrasi pada bagian-bagian yang salah dari tawaran mereka.

Pelanggan sering mendatangi kedai kopi lebih dari sekedar lapar dan haus. Ada yang ingin menghindari stres, kesempatan untuk mempertahankan atau menumbuhkan hubungan, tempat untuk pergi melakukan beberapa pekerjaan reflektif, atau sebagai tempat untuk melakukan bisnis dan mencapai kesepakatan.

Pahami kebutuhan pelanggan untuk membantu Anda membangun penawaran Anda dan membuat keputusan yang membuat pelanggan Anda kembali dan mempertahankan kesuksesan kedai kopi.

Target takeaway

Semua teman-teman Anda akan memberitahu Anda untuk mendapatkan lounge yang nyaman, Wi-Fi gratis, layanan meja, dan banyak lagi, tapi pelanggan duduk dengan satu cangkir kopi selama berjam-jam menikmati semua manfaat tersebut tanoa membayar sewa.

Kedai kopi yang paling sukses secara finansial memiliki bangku yang tidak begitu nyaman. Untuk membuat kedai kopi terlihat hidup dan dicintai, berkonsentrasilah membangun bisnis takeaway. Pelanggan takeaway membayar harga yang sama seperti pelanggan yang duduk, tetapi tanpa biaya hunian, dan Anda akan melayani sepuluh dari jumlah pelanggan yang duduk.

Sajikan di garis depan

Suatu kedai kopi membutuhkan perhatian dan keterlibatan. Pelanggan mengharapkan itu, dan staf menjadi jauh lebih bersemangat ketika pemilik ikut menerima pesanan atau membuat kopi.

(photo: planomagazine.com)