6 Praktek Terbaik Bekerja Dari Rumah

6 Praktek Terbaik Bekerja Dari RumahTIPSWIRAUSAHA.COM – Semakin banyak pengusaha yang bekerja dari jarak jauh. Mereka Mungkin harus ngantor di rumah, di ruang kerja lainnya atau bahkan di warung kopi terdekat.

Untungnya, teknologi telah memungkinkan semua orang – bahkan pengusaha yang pulang-pergi ke kantor tradisional setiap hari – untuk mendapatkan keuntungan dari fleksibilitas bekerja dari rumah ketika diperlukan atau diinginkan.

Siapapun yang bekerja dari rumah akan memberitahu Anda bahwa melakukannya memberikan manfaat, tentu bersama dengan tantangan. Bekerja dari rumah memang memberikan rasa damai dan kesendirian.

Anda mungkin tidak memiliki rekan untuk berinteraksi, tidak ada orang yang bisa diajak berbagi ide. Bekerja berjam-jam dengan mengenakan piyama. Anda harus memaksakan diri untuk bangun pada jam normal setiap pagi dan mengembangkan disiplin diri.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda sepanjang hari, bahkan jika Anda bekerja dari rumah sekalipun:

1. Mengatur dan menjaga jam kerja biasa

Sebagian besar orang yang bekerja dari rumah merasa pekerjaan mereka terlalu banyak. Pekerja jarak jauh lainnya berjuang untuk menjaga jadwal rutin – bekerja beberapa jam sehari dan begadang di hari berikutnya.

Beberapa interupsi tidak dapat dihindari. Tenggat waktu klien yang mungkin memerlukan jam tambahan. Kewajiban keluarga dapat mengganggu juga, terutama jika anak-anak berada di rumah pada siang hari.

Lakukan yang terbaik untuk mengatur jam kerja Anda dan taatilah. Kemudian cobalah yang terbaik untuk meninggalkan pekerjaan di “kantor” dan matikan nada dering ponsel Anda, lalu nikmati sisa hari Anda. Beri diri Anda waktu untuk mengisi ulang sehingga Anda bisa seproduktif mungkin.

2. Rencanakan dan susun struktur hari kerja Anda

Susun struktur hari kerja Anda untuk memaksimalkan efisiensi. Manfaatkan ritme alami tubuh Anda dan rencana kerja Anda di sekitaran waktu dimana Anda paling produktif.

Jika Anda tahu Anda fokus terbaik di pagi hari, tahan godaan untuk memeriksa email sampai pukul 10:00 atau lebih lambat. Melakukan tinjauan singkat pada kalender Anda ketika Anda selesai bekerja sejak awal dapat membuat Anda siap untuk hari kerja yang produktif.

Buatlah daftar tugas Anda yang paling penting sebelum Anda melanjutkan ke bisnis yang kurang mendesak. Jika memungkinkan, tutup pintu kantor Anda (jika Anda memilikinya) untuk memberikan sinyal kepada orang lain bahwa Anda sedang bekerja dan tidak ingin diganggu.

3. Kenakan pakaian yang mengesankan

Mengenakan piyama sepanjang hari bukanlah kebiasaan kerja terbaik. Cara Anda berpakaian mempengaruhi Anda secara psikologis.

Luangkan waktu untuk mandi, sarapan, sikat gigi dan berpakaian dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Pisahkan pakaian kerja kasual untuk membantu Anda bertransisi antara rumah dan kantor – bahkan jika keduanya berada di tempat yang sama.

4. Tentukan area kerja

Konsistensi merupakan aspek penting untuk bekerja dari rumah. Cobalah untuk bekerja di tempat yang sama setiap hari. Ini bisa menjadi kamar tidur yang Anda telah rubah menjadi kantor, meja yang terletak di sudut ruang tamu atau bahkan meja makan.

Pastikan fungsi ruang kerja Anda eisien untuk Anda, bisnis Anda dan gaya Anda. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal yang menginspirasi Anda dan buat diri Anda bahagia Termasuk bunga, musik dan gambar. Jadikan ruang kerja Anda sebagai tempat yang Anda nikmati setiap hari, di area di mana Anda dapat fokus dan melakukan pekerjaan terbaik Anda.

5. Beristirahat

Jadwalkan waktu untuk beristirahat. Bangkit dari meja Anda, lakukan peregangan atau berjalan di sekitar rumah atau di jalan. Istirahat makan siang dan nikmati makanan siang Anda.

Jika Anda membutuhkan sosialisasi kecil, pergi keluar untuk makan siang dengan teman-teman atau klien. Keuntungan besar bekerja dari rumah adalah memiliki fleksibilitas. Jika kebugaran penting bagi Anda, sebuah perjalanan singkat ke gym dapat menghidupkan Anda dan membuat sore Anda produktif.

6. Hindari gangguan

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah akuntabilitas. Tanpa kolega atau mitra dekat, sangat mudah merasa terganggu. Selalu ada tugas atau pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Lakukan yang terbaik, tunda tugas-tugas rumah tangga, seperti binatu dan cuci piring, sampai Anda sudah di “rumah” di malam hari.

Tetap fokus pada pekerjaan Anda sepanjang hari untuk mempertahankan produktivitas yang konsisten. Hindari gangguan online juga. Batasi waktu yang dihabiskan pada email, media sosial dan situs terkait dengan pekerjaan.

Atur timer di ponsel atau komputer jika diperlukan. Jangan membuang waktu atau uang pada pertemuan atau kegiatan yang kontraproduktif bagi keberhasilan Anda.

(photo: entrepreneur.com)