6 Strategi Mengajukan Rencana Bisnis Anda

6 Strategi Mengajukan Rencana Bisnis AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Seberapa pun menariknya rencana bisnis Anda, percuma jika pembaca mendapatkan kesan negatif. Pastikan semuanya benar: kertas rapi, huruf tajam, gambar yang jelas dan presenter profesional akan mengamankan pembacaan dan didengarnya rencana bisnis Anda.

Seperti biasa, ketika mempersiapkan rencana Anda, jaga audiens Anda dalam pikiran. Lugas hampir selalu yang terbaik untuk membuat kesan pertama yang baik. Juga bertanya di muka jika penerima ingin hard copy atau e-copy dari rencana Anda. Dalam era digital, kamiita tentu ingin memberikan orang apa yang mereka inginkan.

Setelah Anda menyiapkan rencana untuk presentasi, Anda harus membawakannya di depan orang yang tepat. Ada enam langkah untuk melakukannya:

1. Dapatkan pimpinan dan arahan

Cari nama, alamat dan nomor telepon dari jenis investor yang ingin Anda targetkan. Tanyakan orang yang Anda kenal untuk referensi. Bentuk jaringan sebanyak mungkin.

2. Lakukan riset mengenai target Anda

Pelajari sebanyak mungkin tentang berapa banyak uang yang harus mereka investasikan, industri yang mereka minati dan persyaratan lainnya. Cari direktori modal, Siapanya siapa, artikel berita, situs-situs web dan sumber-sumber yang serupa.

3. Membuat pitch Anda

Pertama, kirim email atau surat pengantar agar target Anda tahu Anda memiliki rencana yang ingin Anda kirim. Mengirim tanpa diminta, rencana bisnis yang tak terduga dengan surat pengantar biasanya tidak akan dibaca. Tidak hanya kebanyakan orang terlalu sibuk untuk membaca apa pun yang datang di meja atau inbox mereka, mereka juga tidak ingin dituntut “mencuri ide-ide Anda” suatu hari nanti, bahkan jika mereka tidak pernah membaca rencana Anda.

Sebuah surat pengantar adalah cara Anda meminta mereka jika mereka akan tertarik untuk membaca rencana bisnis Anda. Dalam surat itu, menjelaskan mengapa Anda memilih mereka dan apa yang Anda tawarkan, dengan cara menarik dan singkat.

Anda juga harus menjelaskan secara umum investor apa yang Anda cari, pinjaman, hubungan pemasok jangka panjang atau sesuatu yang lain. Sering kali ini akan terlihat jelas dari keadaan. Jika Anda telah menerima rujukan pribadi, Anda akan ingin menyertakan arahan awal, mungkin dalam kalimat pertama setelah salam. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari sebuah rujukan pribadi dari seorang teman, kolega atau kenalan. Ini mungkin tidak membuat Anda mendapatkan seorang investor, paling tidak mengantarkan kaki Anda di pintu.

Dalam dunia “siapa yang kamu kenal” dan kekuatan jaringan, banyak dari orang-orang yang akan mengirimkan rencana Anda untuk disebut oleh orang lain. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin memiliki beberapa hubungan pribadi dengan orang lain selain rujukan. Sebagai contoh, mungkin Anda pernah bertemu orang ini saat bekerja sama di sebuah perusahaan atau organisasi.

Akhirnya, dalam surat pengantar, Anda mungkin ingin menjelaskan detail syarat-syarat untuk Anda menyajikan rencana Anda. Misalnya, Anda mungkin berkata bahwa Anda tidak mengirimkan rencana untuk setiap investor lainnya. Atau Anda mungkin secara eksplisit menunjukkan bahwa Anda sedang mencari pendanaan dari sejumlah sumber, termasuk yang satu ini.

Jika ada tenggat waktu untuk menanggapi rencana Anda, jika Anda ingin menekankan bahwa rencana tersebut bersifat rahasia dan harus dikembalikan kepada Anda, atau jika Anda ingin meminta penerima untuk menyebarkannya ke orang lain yang mungkin tertarik, ini adalah tempat untuk melakukannya.

Jika Anda tidak mendengar dari mereka dalam waktu seminggu atau lebih, kirim email follow-up, dan coba sekali lagi sekitar dua minggu kemudian (jika mereka berada di luar kota atau sibuk dengan pekerjaan lain). Jika ini tidak menghasilkan pertemuan, cari di tempat lain.

4. Cobalah untuk bertemu secara pribadi

Terlepas dari kenyataan bahwa kita hidup dalam sebuah teks, email dan konferensi, Anda masih harus mencoba untuk bertemu muka, terutama jika Anda sedang mencari jenis pendanaan. Sulit untuk mendapatkan komitmen tersebut melalui beberapa teks atau email.

Skype dapat bekerja, tetapi bertemu secara pribadi untuk komitmen keuangan besar adalah yang terbaik. Jika mereka ingin menyimpan semua komunikasi elektronik, ikuti langkah mereka.

5. Menjinakkan keberatan

Meskipun Anda mungkin berpikir Anda telah menjawab segalanya dalam rencana Anda, Anda belum. Siapkan daftar kemungkinan ‘keberatan’ pesaing, sulit menopang asumsi dan sejenisnya. Kemudian persiapkan jawaban yang meyakinkan.

Memiliki teman-teman, rekan kerja dan advokasi tim Anda bermain setan dan memberikan setiap keberatan yang mungkin atau mengajukan pertanyaan yang sulit, kemudian merumuskan jawaban Anda.

6. Dapatkan komitmen

Anda tidak akan mendapatkan investasi kecuali jika Anda memintanya. Ketika semua keberatan telah dijawab, siap untuk menawarkan satu konsesi terakhir “Jika aku memberikan perwakilan Anda kursi dewan, kita bisa lakukan hari ini?” – Dan berikan penutup.