6 Aplikasi Ini Membantu Anda Menetapkan Tujuan

6 Aplikasi Ini Membantu Anda Menetapkan TujuanTIPSWIRAUSAHA.COM – Kita semua tahu pentingnya menetapkan tujuan – menjadikan Anda bertanggung jawab dan mendorong Anda maju.

Apakah Anda berusaha untuk memulai proyek baru, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, meluncurkan produk baru, atau ingin menurunkan berat badan, banyak dari kita hanya menyatakan tujuan tetapi gagal menetapkan tenggat waktu dan melacak kemajuan kita untuk mencapai tujuan.

Mengintegrasikan tujuan Anda dalam kehidupan digital adalah cara mudah untuk menjaga tujuan utama Anda dan membantu Anda tetap termotivasi. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan Anda untuk membuat tujuan Anda secara publik, membantu mengumpulkan dukungan dari teman-teman dan keluarga.

Cobalah enam aplikasi ini dan lintasi beberapa tujuan dalam daftar Anda:

GoalsOnTrack

Mengandalkan praktik terbaik dalam prinsip-prinsip psikologi dan pengembangan pribadi, aplikasi penetapan tujuan dan produktivitas pribadi ini memandu Anda melalui proses penetapan tujuan – dari rekaman tujuan Anda, manfaat, tanggal mulai dan akhir, untuk menciptakan rencana aksi dan pelacakan kemajuan.

Gunakan salah satu template tujuan dan sesuaikan rencana aksi Anda sendiri, kemudian lacak kemajuan dengan menempatkan tanda centang di samping tugas yang telah selesai. Aplikasi ini juga memiliki jurnal tujuan built-in yang memungkinkan Anda untuk merekam kemajuan Anda dan pelacak kebiasaan yang menyediakan panduan visual keberhasilan Anda.

LifeTick

Aplikasi pelacakan tujuan ini meminta Anda untuk memulai dengan membentuk nilai-nilai inti Anda, mirip dengan GoalsOnTrack, meminta Anda untuk mengikuti metode penetapan tujuan S.M.A.R.T (spesifik, terukur, dapat dialihkan, realistis, spesifik terhadap waktu) dan membuat tugas atau langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Cek pencapaian dan tinjau dalam jurnal urutan tanggal dari semua kegiatan yang berhubungan dengan tujuan Anda. Tidak seperti GoalsOnTrack, LifeTick memungkinkan Anda mengundang orang lain untuk melihat kemajuan Anda. Mereka dapat melihat kemajuan Anda dan menambahkan komentar untuk membuat Anda termotivasi sepanjang jalan.

Tersedia juga LifeTick untuk bisnis sehingga Anda dapat menetapkan tujuan tim, menetapkan tugas dan melacak kemajuan masing-masing individu.

Habit List

Aplikasi ini membantu Anda melacak “coretan” Anda – berapa kali berturut-turut Anda menyelesaikan kebiasaan. Anda dapat membuat jadwal yang fleksibel untuk kebiasaan yang dilakukan pada hari-hari atau interval (seperti menulis posting blog dua kali seminggu atau berlatih di gym setiap Hari Selasa dan Kamis) tertentu. Habit List akan mengirimkan pengingat untuk membuat Anda tetap berada di jalur.

Irunurun

Kinerja dan akuntabilitas aplikasi ini berpendapat tindakan berbicara lebih keras daripada tujuan. Mulailah dengan memasukkan tindakan, atau kebiasaan, yang Anda ingin lacak. Kemudian menimbang tindakan, tentukan dengan nilai titik dari 100.

Skor Anda pada awal minggu akan dimulai dari nol dan akan meningkat seiring komplitnya tindakan. Jika Anda menyelesaikan setiap tindakan masuk pada waktu yang ditentukan setiap hari, Anda akan mendapatkan nilai sempurna 100 selama seminggu.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi pengalaman dengan orang lain. Mengundang teman, keluarga atau kolega untuk bertindak dan membangun tim akuntabilitas sehingga mereka dapat mendorong kemajuan Anda. Irunurun membuat tiga versi dari aplikasi ini – untuk penggunaan pribadi, tim dan perusahaan.

Lift

Aplikasi ini dimulai dengan premis bahwa tujuan paling mudah dicapai ketika kita dimintai pertanggungjawaban oleh orang lain. Menggunakan dorongan dari banyak orang, Lift memungkinkan Anda untuk memilih tujuan Anda dan kemudian memilih jenis pelatihan yang Anda butuhkan: saran, motivasi, dan/atau bisikan dari komunitas. Anda dapat menyewa seorang pelatih, dapatkan alat peraga dari pengguna lain dan mengatur pengingat untuk melakukan tugas-tugas.

StickK

Jika papan visi dan grafik tidak cukup untuk memotivasi Anda, mungkin Anda perlu pendekatan stickK. Aplikasi ini, yang dikembangkan oleh ekonom Yale University, akan dikenakan biaya uang riil jika Anda gagal untuk mencapai tujuan Anda. Sebuah kontrak komitmen yang mengikat Anda pada tujuan.

Tetapkan tujuan Anda dan kerangka waktu untuk mencapainya, dan masukkan berapa banyak uang yang Anda ingin pertaruhkan dan kemana Anda ingin uang itu pergi jika Anda gagal untuk mencapai tujuan Anda. Selanjutnya, tunjuk wasit untuk memantau kemajuan Anda. Orang ini bertindak sebagai pihak ketiga yang independen yang login ke aplikasi untuk memantau kemajuan Anda (Anda juga dapat memilih sistem kehormatan dan pergi sendiri, tanpa wasit).

Butuh motivasi ekstra? Anda juga dapat memilih untuk memiliki panel pendukung stickK lainnya untuk menjadi bagian yang bersorak dan memposting pesan motivasi dalam Commitment Journal Anda – tempat di mana Anda membuat entri harian mengenai kemajuan Anda.

(photo: paccchamber.com)