Cara Belanja Hemat di Supermarket

Cara Belanja Hemat di SupermarketTIPSWIRAUSAHA.COM – Tahun ini merupakan tahun di mana masyarakat semakin besar akan kebutuhan pokoknya, mulai dari sandang, pangan, maupun papan. Banyak sekali bisnis-bisnis bermunculan untuk mengantisipasi lonjakan besar yang terjadi di sektor ini, seperti bisnis waralaba supermarket.

Supermarket yang ada di Indonesia menawarkan berbagai bahan pokok makanan yang pastinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tak cuma bahan pokok, supermarket pun juga menawarkan berbagai kebutuhan lain seperti pakaian dan properti, bahkan ada juga yang menawarkan kebutuhan tersier yang lain, seperti motor atau mobil yang merupakan bagian kerja sama dari pihak ketiga.

Melihat potensi yang besar ini, banyak sekali supermarket yang semakin menjamur dan memberikan penawaran luar biasa untuk bisa bersaing di tengan ketatnya bisnis waralaba supermarket, seperti diskon, harga yang paling murah, hadiah akhir tahun, dan lain-lain.

Masyarakat pun semakin kewalahan dengan ini semua, karena mereka begitu bingung harus memilih supermarket mana yang menawarkan layanannya yang terbaik, dan agar mereka tidak terjebak dan tertipu dari iklan-iklan yang menyesatkan. Masyarakat juga ingin belanja secara hemat dan menurut kebutuhannya di supermarket, namun masih takut bila tergiur dengan diskon yang begitu besar.

Berikut panduan singkat dalam belanja secara hemat di supermarket:

1. Buat check-list barang yang akan dibeli di supermarket 

Ini sangat penting. Apalagi jika barang yang akan dibeli adalah barang-barang pokok. Dengan menuliskan check-list untuk barang-barang yang akan dibeli, Anda bisa meminimalisir resiko membeli barang yang tak dibutuhkan.

Dengan ini pula Anda bisa leluasa mengatur pengeluaran secara tepat guna dan uang yang sebenarnya Anda inginkan untuk membeli barang-barang mewah, bisa Anda gunakan untuk keperluan yang lainnya di masa mendatang.

2. Disarankan untuk membawa uang cash, bukan kartu kredit

Uang cash sangat dianjurkan bila Anda pergi berbelanja ke supermarket, apalagi Anda sudah benar-benar tahu harga yang akan Anda tukarkan untuk membeli check-list yang telah Anda buat. Memang kartu kredit juga bisa dijadikan pegangan, namun kartu kredit memiliki nilai jual yang tak terhingga.

Maksudnya, Anda bisa membeli apa saja dan dengan harga berapapun untuk bisa membeli barang di supermarket. Dan bila Anda mulai tergiur dengan diskon besar-besaran, dikhawatirkan Anda juga memilih untuk membeli barang itu, dan akhirnya Anda tersadar bahwa Anda menambahkan hutang untuk barang yang tidak Anda butuhkan.

Ingat! Pemilik supermarket tahu benar akan hal ini. Supermarket bisa membuat berbagai penawaran menarik yang bisa menaklukkan benteng Anda untuk membeli barang itu. Jadi disarankan untuk membawa uang cash bila berbelanja di supermarket. Ini bisa mengontrol pengeluaran Anda dalam berbelanja.

3. Ajak teman/kerabat untuk mengingatkan bila tergiur diskon besar

Bila Anda termasuk orang yang mudah tergoda dengan harga murah dan diskon besar walaupun telah membuat berbagai check-list dan telah membawa uang cash seperlunya, kini saatnya Anda cari bantuan.

Ajak teman atau kerabat Anda yang bisa mengingatkan jika Anda mulai berbelanja hal-hal yang tidak berkaitan dengan kebutuhan Anda saat itu. Atau, Anda bisa menyuruh orang lain yang Anda percayai untuk membelikan barang-barang itu untuk Anda.

4. Membandingkan harga-harga barang dengan supermarket lain

Bila Anda mempunyai banyak waktu luang, Anda bisa mencari info mengenai harga barang di supermarket lain dan membandingkannya dengan supermarket yang akan Anda tuju.

Hal ini bisa menguntungkan untuk Anda bila ternyata terdapat supermarket yang lebih murah dibanding dengan supermarket yang lain, apalagi di jaman sekarang supermarket yang tersebar di daerah Indonesia tak henti-hentinya membuat berbagai inovasi yang diharapkan bisa menjaring lebih banyak konsumen.

Dan pada akhirnya, semua kembali kepada Anda. Anda bisa memilih untuk melakukan semua hal di atas, atau bisa menambahkan cara lain yang lebih efektif untuk bisa berbelanja hemat di supermarket. Semua pilihan kembali kepada Anda.

Selamat berbelanja!