4 Ide Bisnis dengan Modal 10 Juta

Ide Bisnis dengan Modal 10 JutaTIPSWIRAUSAHA.COM – Di era informasi sekarang ini, pertumbuhan teknologi semakin berkembang dan menyasar ke berbagai kalangan masyarakat.

Ada empat masa perekonomian yang terjadi: berburu-mengumpulkan makanan, agraris (perekonomian berasal dari hasil bumi), industri, dan yang terakhir yaitu informasi.

Hal ini mengakibatkan semakin banyaknya peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh masyarakat, tak terkecuali bagi mereka yang masih awam sekalipun.

Kemudian muncul gerakan baru yaitu tren menjadi seorang pengusaha, atau bahasa kerennya entrepreneur. Ada banyak buku maupun seminar yang diadakan dengan tujuan memberi edukasi mengenai pentingnya menjadi pengusaha di usia dini.

Namun dengan begitu derasnya arus informasi yang ada, dikhawatirkan masyarakat yang sedang mencari peluang bisnis malah menjadi sangat kebingungan.

Oleh karena itu, berikut kami berikan beberapa informasi mengenai peluang bisnis yang bisa Anda lakukan dengan batas modal 10 juta. Simak, yuk!

1. Bisnis Internet

Bisnis internet merupakan bisnis yang sangat potensial, terutama di era saat ini. Dengan modal senilai 10 juta, Anda sangat mungkin memulai bisnis internet.

Pada dasarnya, bisnis internet hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar seperti menyewa hosting, membeli nama domain (biasanya dengan kontrak per satu tahun), autoresponder/broadcasting, dan sebagainya.

Anda bisa melakukan bisnis internet dengan berbagai cara seperti:

  • Affiliate marketing (teknik memasarkan barang dengan orang lain)
  • Mobile apps (membuat aplikasi mobile)
  • Membuat situs web dengan traffic besar dan memasang iklan
  • Membangun toko online.

Memang saat ini masih banyak masyarakat yang takut untuk memulai bisnis online, mulai dari tingkat keamanan yang diragukan ataupun masih sangat awam. Asalkan Anda mau berusaha untuk mencari informasi, pasti akan ada para pengusaha online yang benar-benar teruji kualitasnya.

Namun pastikan, Anda sudah siap dan telah memperhitungkan segala hal yang perlu dilakukan ketika terjun ke dalam bisnis internet.

2. Bisnis Franchise (Waralaba)

Bisnis franchise adalah bisnis di mana kita membeli hak merk dari bisnis yang sudah banyak dikenal seperti toko ritel, toko kelontong, dan lain-lain.

Ketika akan berbisnis, seringkali kita kesulitan untuk mengembangkan kesan merk yang bagus di mata pelanggan, dan itu bisa jadi membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya produk bisa diterima oleh masyarakat luas.

Nah, dengan adanya bisnis franchise seperti ini, Anda bisa menghemat waktu untuk memasarkan merk karena pihak dari bisnis franchise sendiri biasanya telah dikenal secara luas.

Yang dibahas di sini bukanlah franchise dengan hak merk dengan ratusan juta seperti salah satu toko ritel yang sudah sangat sukses di Indonesia. Anda bisa memulainya dengan modal yang sangat terjangkau yaitu sekitar 10 juta.

Ada banyak sekali bisnis yang menawarkan fasilitas franchise ini, seperti bisnis sosis, bisnis dawet, dan juga bisnis makanan kecil-kecilan yang begitu digandrungi masyarakat.

3. Bisnis Potensial

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman budaya, sehingga ada banyak celah bisnis yang bisa Anda masuki. Misal, sekarang adalah jamannya bisnis batu akik. Nah, mungkin, Anda bisa mencari kenalan atau informasi mengenai potensi bisnis batu akik.

Atau bagi Anda yang beragama Islam, sebelum Lebaran biasanya terjadi lonjakan omset besar di bisnis pakaian karena banyak yang membeli baju baru untuk menyambut hari yang fitri.

Saat waktunya tiba, Anda bisa mengikuti tren tersebut dengan cara ikut menjual berbagai busana muslim dengan modal sekitar 10 juta. Ya, faktanya Anda juga harus jeli menangkap berbagai peluang lain sana.

4. Bisnis yang sesuai dengan idealisme

Banyak orang yang cenderung berbisnis dengan mengikuti idealismenya; topik bisnis sesuai dengan apa yang disukai dan diinginkan. Itu tidaklah buruk, apalagi bila Anda memang mempunyai passion menjadi seorang entreprenenur.

Jikalau Anda ingin membangun kerajaan bisnis sendiri, maka hal ini memang tepat untuk Anda. Anda bisa mencari berbagai informasi mengenai bisnis yang ingin Anda geluti.

Pada dasarnya banyak sekali peluang yang dapat Anda realisasikan hanya dengan modal sekitar 10 juta. Apapun itu, pada akhirnya semua kembali kepada Anda untuk memilih tipe bisnis mana yang ingin Anda wujudkan.

Selamat mencoba!