Tips Merekrut Karyawan Agar Bisnis Sukses

rekrut karyawanTips merekrut karyawan yang akan kami hadirkan ini semoga memberikan sebuah langkah konkret kepada Anda tentang solusi perekrutan karyawan.

Proses merekrut karyawan terkadang membuat para pengusaha pemula merasa tertekan dan bingung harus seperti apa.

Hal ini terjadi karena mereka belum mengetahui bagaimana teknik yang paling tepat dan kemudian perihal apa yang harus diperhatikan dalam merekrut seorang karyawan.

Kebingungan tersebut membuat kami berinisiatif untuk memberikan solusi terbaik untuk Anda, dan menghadirkannya melalui website ini. Silakan simak tips demi tips berikut ini.

Tips Merekrut Karyawan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan merekrut karyawan baru untuk bisnis Anda, antara lain:

Membuat daftar pekerjaan secara detail

Tahap yang harus Anda lakukan dalam merekrut karyawan yaitu membuat semacam deal mengenai pekerjaan. Seorang calon karyawan harus diberitahu apa tugas yang mereka lakukan, dan apa saja yang harus mereka jalankan di dalam perusahaan Anda.

Kebanyakan pengusaha merasa karyawan mereka begitu kurang pandai dan tidak mengerti apa yang harus mereka lakukan. kendati demikian terkadang bukan salah si karyawan, tetapi yang salah yaitu pengusaha itu sendiri.

Berikanlah calon karyawan Anda sebuah joblist  sedetail mungkin.  Jika ia menghendaki maka baru lakukan tes secara menyeluruh.

Jangan meremehkan usaha yang Anda miliki

Kebanyakan pengusaha pemula yang ingin merekrut karyawan memang masih mempunyai usaha yang tidak terlalu besar dan tentu saja perekrutan karyawan juga tidak begitu ketat. Tetapi jangan sekali-kali Anda meremehkan kapasitas usaha Anda sendiri dengan cara merekrut karyawan secara asal.

Jangan hanya berpikir seseorang yang bisa kerja serta mau dibayar murah. Pendapat Anda mungkin bijak dalam rangka menghemat biaya pengeluaran, namun ada banyak karyawan yang justru menghancurkan usaha Anda karena mereka tidak bekerja secara baik.

Jika Anda belum ingin memberikan ekspektasi tinggi terhadap seorang karyawan, maka Anda bisa libatkan seorang yang cerdas meskipun ia belum memiliki kemampuan tinggi.

Cari karyawan yang jujur dan bukan hanya berkemampuan tinggi

Mencari karyawan yang mempunyai kemampuan tinggi memang sangat penting, tetapi seorang yang jujur lebih penting. oleh karena itu jangan pernah sekali-kali melihat karyawan dari kemampuannya yang begitu tinggi, tetapi juga dari sikapnya terutama kejujurannya.

Seorang karyawan yang jujur, tekun bekerja, serta giat belajar merupakan sebuah asset yang sangat berharga dibandingkan mereka yang mempunyai kemampuan begitu tinggi tetapi belum jelas sikapnya.

Jangan merekrut saudara Anda sendiri

Saya sudah melihat banyak fakta di lapangan bahwa perekrutan karyawan dengan status masih saudara ternyata menjadi sebuah boomerang bagi perusahaan yang baru dibangun. Pada saat Anda menjadi bos di sebuah bisnis dan kemudian saudara Anda menjadi karyawannya, tentu saja Anda sungkan untuk menginstruksikan banyak hal kepada mereka.

Rasa sungkan tersebut bisa mereka manfaatkan untuk tidak bekerja baik, karena mereka tahu bahwa Anda sungkan dalam memberikan, serta melarang. Oleh karena itu lebih baik Anda merekrut seorang professional yang bisa Anda perintah serta pecat sekendak Anda sendiri.

Uji fleksibilitasnya terlebih dahulu

Fleksibilitas di dalam bisnis yang masih baru sangatlah diperlukan. Seorang karyawan hendaknya bisa menjadi superman yang mampu mengambil alih beragam pekerjaan seperti seorang yang memulai bisnis kelontong dan ia ingin merekrut karyawan, maka ia harus mampu mendapatkan karyawan yang fleksibel untuk menjadi pelayan, kasir, dan mengangkat beragam barang.

Ujilah karyawan Anda selama beberapa hari, apabila karyawan Anda adalah karyawan yang kaku, sulit ramah dalam melayani konsumen, serta sulit untuk diperintah ini dan itu, maka ia belum layak untuk menjadi mitra dalam bisnis Anda.

***

Itulah beberapa tips merekrut karyawan agar bisnis Anda semakin sukses. Semoga bermanfaat bagi usaha Anda.