8 Cara Membangun Kredibilitas Bisnis

8 Cara Membangun Kredibilitas BisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Apa yang memisahkan pengusaha sukses dari yang lainnya?

Kredibilitas.

Mengapa kredibilitas? Pikirkan tentang pengusaha startup yang mencoba untuk meyakinkan tim pemangku kepentingan dan investor untuk mengejar ide baru dan inovatif tanpa konsep yang terbukti. Atau pengusaha yang menjalankan masalah produksi dan kebutuhan mitra bisnisnya untuk memperpanjang kredit selama beberapa hari, minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Tentu, ada banyak karakteristik besar yang dapat dikaitkan dengan melakukan manuver dengan sukses, tetapi memiliki reputasi sebagai pengusaha yang menyelesaikan tugasnya, jujur, dan memiliki sejarah keberhasilan menciptakan kredibilitas “currency” yang dapat diuangkan dalam seketika.

Tak diragukan lagi, kredibilitas tidak dibangun dalam semalam, tetapi pengusaha dapat terlibat dalam strategi yang akan membantu membangun kredibilitas lebih efektif.

1. Peka

Miliki dan tunjukkan empati bagi orang-orang dalam tim Anda dan pelanggan Anda. Ini melampaui politik yang benar dalam bisnis Anda, melainkan sepenuhnya memahami latar belakang, keinginan dan kebutuhan semua pemangku kepentingan Anda.

Misalnya, jika Anda baru mendirikan startup, tekankan kepada tim Anda pentingnya pemotongan biaya dan jam kerja lebih banyak.

2. Jujur

Satu hal yang akan membunuh kredibilitas langsung adalah ketidakjujuran. Berbohong tentu akan menghancurkan usaha Anda, begitu juga informasi atau umpan balik yang tidak perlu dari konteks, selektif atau dengan cara manipulatif.

Pemegang saham menginginkan transparansi sebagian dari pengusaha, jadi bersikap jujurlah tentang bisnis dan tujuan Anda.

3. Objektif

Kecuali Anda sedang membangun merek Anda pada platform subjektif, yang terbaik adalah mengambil sikap objektif tentang masalah bisnis dan tidak terjebak dalam saran. Hal ini terutama penting untuk menghilangkan topik atau subjek diskusi yang tidak berhubungan dengan bisnis dan tidak terkait langsung dengan pemenuhan tujuan Anda.

Prioritas Anda adalah memfokuskan energi dan sumber daya hanya pada tugas-tugas dan aset yang membantu Anda mencapai tujuan Anda.

4. Tulus

Optimisme adalah sifat menawan dari seorang pengusaha, tetapi tidak ketika melintasi garis untuk hiasan berlebihan. Ketika semuanya berjalan lancar, menyoroti prestasi dan memungkinkan tim untuk bersenang-senang dalam prestasi mereka, tapi jangan berlebihan dengan pujian dan pengakuan.

Hindari menampilkan diri Anda dengan suara palsu, dan jadilah diri sendiri. Semua pemegang saham akan menghargai ini.

5. Terus menambah wawasan

Memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda akan menanamkan kepercayaan. Akan tetapi, pahami bahwa pengetahuan tidak selalu diterjemahkan sebagai kepemimpinan, dan bahkan beberapa orang yang hanya fokus pada bidang tertentu gagal melihat pentingnya disiplin dan keterampilan yang diperlukan untuk memimpin tim lain.

Temukan keseimbangan antara mengejar pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memimpin tim Anda.

6. Tingkatkan prestasi

Sekarang bukan waktunya malu. Pertama, belajar untuk mengakui prestasi dalam bisnis dan karir Anda. Bahkan prestasi kecil dapat dikenali jika bisa langsung berhubungan dengan membangun kredibilitas Anda. Selanjutnya, belajar untuk menempatkan prestasi Anda di depan dan pusat agar lebih didengar. Berbagi dengan para pemangku kepentingan, promosikan mereka pada profil LinkedIn Anda.

Banggalah atas prestasi Anda, dan emungkinkan mereka untuk berbicara dengan kredibilitas Anda.

7. Mintalah dukungan

Pertama, sadari bahwa setiap orang yang Anda temui dalam karir Anda, terlepas dari seberapa kecil atau tidak signifikannya peran mereka, adalah seseorang yang dapat menambah nilai kredibilitas Anda. Jangan malu meminta dukungan dan testimonial dari orang-orang ini, terutama jika peran Anda dalam hubungan nilai tambah dan berdampak positif.

Semakin banyak dukungan dan testimonial yang Anda peroleh dari para profesional yang sukses lainnya, semakin baik kredibilitas Anda.

8. Temukan kepercayaan diri Anda

Jika Anda di awal karir Anda, Anda mungkin tidak memiliki prestasi, dukungan dan pengalaman yang diperlukan untuk membangun kredibilitas Anda sekarang. Bahkan tanpa ini, kepercayaan diri adalah sifat yang, ketika Anda menguasainya, dapat berbicara banyak tentang Anda tanpa pernah mengucapkan sepatah kata pun.

Jika Anda berusaha untuk menjadi seorang pengusaha, Anda sudah memiliki kredibilitas atas jutaan orang yang kurang percaya diri untuk bahkan mencoba. Banggalah dengan itu.

(photo: axerosolutions.com)