Cara Memulai Bisnis Warteg

Cara Memulai Bisnis WartegTIPSWIRAUSAHA.COM – Warteg (warung tegal) merupakan rumah makan murah meriah yang biasanya terdapat di daerah sekitar Pulau Jawa.

Bagi yang belum mengenal apa itu warteg, warteg adalah tempat di mana Anda bisa makan dan minum dengan makanan khas Jawa dan juga dengan harga yang umumnya terjangkau.

Bila Anda termasuk penduduk luar Jawa, Anda bisa menemui warteg ini di hampir seluruh pelosok Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Warteg didesain sedemikian rupa agar bisa menjangkau semua kalangan penduduk.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis warteg, berikut ada beberapa tips jitu untuk berbisnis usaha warteg:

1. Survey Tempat

Survey tempat mutlak Anda lakukan untuk memulai bisnis warteg ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pada umumnya warteg terdapat di Pulau Jawa khususnya Yogyakarta. Sebenarnya tidak menutup kemungkinan bahwa Anda dapat membuka bisnis warteg di luar Jawa, namun alangkah baiknya jika bisnis warteg ini dilakukan di Pulau Jawa dikarenakan penduduknya yang sudah terbiasa makan di warteg.

Anda juga berhemat waktu dalam mempromosikan warteg karena warteg memang mempunyai tempat tersendiri di hati penduduk Jawa.

2. Analisis

Seperti modal, biaya sewa tempat (atau ingin menggunakan rumah sendiri), biaya kulakan (bahan makanan/minuman), tempat duduk/meja atau lesehan, dan lain sebagainya. Bagaimana mendapatkan persediaan bahan makanan, apakah akan membeli ke pasar atau mempunyai partner agar distribusi bahan makanan bisa lancar tanpa perlu repot-repot pergi ke pasar.

Kemudian gaya tempat warteg tersebut. Biasanya hanya kursi, meja, dan lemari kaca tempat penjual menyajikan dagangannya saja yang ada dalam ruangan warteg. Anda bisa bereksperimen dalam membuat dekorasi, seperti foto pahlawan, papan harga, dan hal lain.

Jangan takut mencoba karena tidak ada yang sempurna sebelum Anda memulai sesuatu. Semua berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda

3. Pilih tipe bisnis

Apabila Anda menganggap bisnis ini sebagai bisnis sampingan dan terlalu sibuk dalam mengelola bisnis warteg ini dikarenakan masih dalam ikatan kerja, Anda dapat memberikan hak pengelolaan warteg ini ke orang lain dan menggajinya dengan upah yang pantas.

Jadi bisnis warteg ini bisa menjadi passive income selain pekerjaan utama Anda.

4. Take Action!

Inti dari bisnis warteg dan juga bisnis-bisnis yang lain adalah: ACTION!

Anda memang harus menganalisis semua hal yang berkaitan dengan bisnis warteg seperti modal, profit, dan sebagainya, namun tanpa aksi yang nyata, perencanaan Anda hanyalah sebatas apa yang tertulis di atas kertas saja. Anda harus mewujudkannya agar bisnis warteg bisa berjalan sesuai keinginan Anda.

Pada dasarnya tidak sulit untuk memulai bisnis ini. Bisnis warteg cenderung mudah dalam proses memulai maupun pengelolaannya. Tinggal Anda sendiri, apakah sudah siap berbisnis warteg dan mendapatkan profit yang lumayan dari hasil berbisnis warteg ini, semua kembali kepada Anda.

(photo: bandung.panduanwisata.id)