5 Cara Membangun Inovasi Layanan Bisnis

5 Cara Membangun Inovasi Layanan BisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Produk sebuah perusahaan yang keren, pastinya membangun hal yang besar dan penting pula. Di antaranya, mendorong suatu produk ke skala masif, mampu memberi pengaruh pada jutaan orang, atau mampu mengubah dunia.

Namun, terkadang di atas kertas, layanan perusahaan itu sendiri kerap diabaikan. Entah UKM atau perusahaan besar, layanan menjadi salah satu faktor penentu apakah pelanggan anda ingin kembali atau tidak.

Berikut adalah beberapa cara mengembangkan layan perusahaan yang inovatif dilansir Entrepreneur.com:

Fokus pada kebutuhan

Seperti halnya, produk perusahaan yang menciptakan produk berdasarkan keinginan dan kebutuhan konsumen. Begitu juga dengan layanan perusahaan. Perhatikan tren dan dengarkan apa yang orang katakan dan antisipasi kebutuhan orang ke depan. Mengembangkan layanan dan segmen sesuai permintaan di mana membawa sinergi upaya yang holistik.

Pilih layanan inti

Ketika Apple sebagai perusahaan paling inovatif yang memulai debutnya pada tahun 1976, perusahaan ini pun fokus pada pengembangan komputer. Mereka pun mengembangkan sekaligus menguatkan produk inti dari bisnis tersebut, yakni the Mac, selama lebih dari 20 tahun sebelum mereka mengembangkan produk baru yang diluncurkan pada tahun 2001 yakni iPod. Perusahaan tersebut juga secara bertahap mengenalkan produk baru seiring pertumbuhan bisnis yang makin menguat.

Begitu pula, dengan komponen layanan, tentunya perusahaan perlu mengembangkan layanan inti. Layanan ini harus dibuat sedemikian rupa agar menjadi kuat sebelum investasi di area baru. Kumpulkan berbagai data dan analisa layanan yang akan menentukan performa perusahaan paling baik, sebelum pengembangan layanan lainnya.

Lihat pasar baru

Perusahaan perangkat lunak bisa berinvestasi pada berbagai sumber daya yang meluas ke China, India, Amerika Latin dan pasar-pasar berkembang lainnya. Perusahaan layanan dapat mengkapitalisasi peluang yang sama pula.

Buat materi pemasaran

Jika anda mampu membuat material pemasaran, maka produk perusahaan anda pun berpeluang mendapat keuntungan. Misalnya dengan menyajikan informasi kunci dengan foto-foto menarik dari produk anda. Materi pemasaran yang menarik secara visual sangat penting bagi perusahaan yang mengutamakan layanan, namun ada tetap ada tantangan karena tidak semua informasi tidak menarik disajikan secara visual.

Maka, ambilah waktu sejenak untuk berpikir kreatif tentang layanan yang ditawarkan, pesan materi yang ingin disampaikan, dan bagaimana secara visual dapat meningkatkan pesan perusahaan tersebut.

Jadi inkubator produk

Jangan hanya karena, perusahaan terlalu fokus pada layanan, lalu anda jadi mengabaikan pengembangan produk. Perusahaan yang fokus pada layanan harus mengembangkan ide-ide untuk produk, khususnya produk yang potensial.

Tim layanan juga harus mampu bekerja untuk menciptakan produk kreatif. Produk yang baik dapat menjadi penopang sisi layanan dalam sebuah bisnis.

Memberikan pelayanan yang prima tentunya merupakan salah satu strategi untuk memenangkan persaingan, terutama guna memberikan kepuasan bagi pelanggan.

(photo: sinclairgoldbergprice.com)