5 Tips Memberi Nama Bisnis

5 Tips Memberi Nama BisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Apalah arti sebuah nama? Banyak orang beranggapan seperti itu, dan mungkin salah satunya adalah Anda.

Jangan salah, nama yang tepat dapat membuat perusahaan Anda menjadi perbincangan banyak orang. Sebaliknya, penamaan yang salah dapat menyebabkan ketidakjelasan dan bahkan mungkin kegagalan.

Idealnya, sebuah nama harus mampu menyampaikan keahlian, nilai, dan keunikan dari produk atau layanan yang Anda kembangkan. Sebagian para ahli meyakini, jika nama terbaik adalah abstrak, dan tanpa arti gambaran mengenai produk atau layanan tersebut. Namun, sebagian lain berpikir bahwa sebuah nama haruslah bersifat informatif, sehingga konsumen mengetahui dengan cepat apa sebetulnya bisnis Anda.

Sedangkan, sebagian lagi percaya bahwa (kata yang dibuat-buat) lebih mudah diingat dibandingkan nama yang menggunaka kata-kata asli-nya.

Faktanya, apa pun nama bisnis Anda dapat menjadi efektif jika ditopang oleh strategi pemasaran yang tepat. Nah, agar tidak penasaran, berikut adalah beberapa opsi tips memberi nama bisnis anda yang pas dan efektif tentunya dirangkum dari Entrepreneur.com:

Pilih terkait bisnis Anda

Pertama-tama, kebanyakan orang pastinya akan memilih nama brand atau bisnis sesuai dengan produk atau layanan yang sedang dijalankan dan dikembangkan ke depan. Namun, tak hanya sebatas itu, anda pun bisa memilih nama yang terkait dengan konsumen atau target pasar yang akan anda bidik.

Dengan mengembangkan pernyataan yang khusus dan punya misi akan membantu anda menunjuk elemen yang ingin anda tekankan dalam sebuah nama bisnis nantinya.

Pilih nama yang baik

Pilih nama yang Anda pikir cukup nyaman dan meninggalkan kesan menyenangkan di mata konsumen. Di sisi lain, penting juga untuk memberi nama bisnis anda dengan yang bisa dimengerti orang lain.

Misalnya, jika anda punya jasa tur dan perjalananan ke Italia, coba pertimbangkan nama Italiatour. Meski bukan merupakan kata yang nyata, nama tersebut ternyata cukup dipahami para konsumen, apa yang ditawarkan bisnis tersebut.

Jangan pilih nama terlalu panjang

Untuk sebuah brand, ada baiknya Anda tidak memilih nama yang terlalu panjang dan membingungkan. Para ahli menyarankan agar sebuah brand bisnis terdiri dari dua kata saja. Nama bisnis yang terlalu panjang dan membingungkan tak akan meninggalkan kesan di mata atau telinga konsumen.

Namun, ini bukan berarti Anda tak bisa berkreasi dengan nama bisnis. Sebagian ada yang menyatakan, bahwa semakin aneh nama bisnis yang Anda pilih, malah membuat orang makin penasaran.

Tes pilihan nama

Setelah Anda membuat daftar 4-5 nama untuk bisnis Anda yang Anda nilai paling mudah diingat dan ekspresif, Anda pun harus melakukan pencarian ikon. Memang tak semua nama bisnis bisa menjadi ikon, selama Anda tidak menggunakan nama bisnis yang menjadi hak cipta orang lain.

Penggunaan nama yang sebelumnya sudah digunakan bisnis lain akan mendatangkan persoalan hukum. Tak hanya itu, Anda pun harus merombak total nama bisnis yang mungkin sudah terlanjur dikenal dan berisiko pula mengeluarkan uang tambahan untuk ganti rugi.

Analisa final

Bagaimana Anda membuat keputusan akhir? Lihat kembali nama mana yang paling pas dengan onyek Anda? Nama mana yang paling akurat mendeskripsikan perusahaan dalam pikiran Anda? Beberapa pengusaha bahkan rela melakukan riset konsumen untuk menguji nama bisnis mana yang sekiranya paling diterima publik.

Pikirkanlah, bahwa penamaan firma profesional bisa memakan waktu hingga 6-7 minggu. Anda mungkin tak akan punya banyak waktu, namun cobalah untuk merenungkannya selama beberapa pekan untuk memilih nama yang tepat. Berawal dari nama bisnis, anda bisa membangun identitas perusahaan yang kuat ke depan.

(photo: luanncapital.com)