Mengenal Jenis Pemasaran Produk

Mengenal Jenis Pemasaran ProdukTIPSWIRAUSAHA.COM – Pemasaran adalah suatu kegiatan di mana produk diperkenalkan da dipromosikan, tujuannya agar calon konsumen mau membeli produk yang dipasarkan sehingga perusahaan/individu yang membuat produk tersebut bisa mendapatkan profit. Istilah pendek dari pemasaran adalah promosi.

Terkadang, pemasaran dilakukan hanya bertujuan untuk mengenalkan suatu produk baru yang belum begitu diketahui oleh khalayak luas. Dan nantinya, calon konsumen sendirilah yang menilai apakah produk yang dipasarkan bagus atau tidak.

Dalam memasarkan suatu produk, perlu adanya riset mengenai teknik apa yang cocok untuk produk yang akan dipasarkan, siapa target yang akan dituju dalam pemasaran tersebut, dan modal yang harus dikeluarkan. Tanpa adanya riset tersebut, pemasaran produk hanya akan sia-sia.

Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan suatu produk. Berikut TipsWirausaha.com membaginya untuk Anda:

1. Pemasangan iklan

Iklan adalah suatu pemasaran dalam bentuk media seperti televisi, radio, surat kabar, internet, dan lain-lain. Iklan dapat mengenalkan dan memasarkan produk Anda secara instan, namun membutuhkan modal yang tidak sedikit. Memang terdapat beberapa pemasangan iklan yang murah, namun terkadang sangat sulit untuk bisa menjangkau semua kalangan calon konsumen yang diinginkan.

Iklan yang paling mudah menjangkau seluruh kalangan namun mahal adalah iklan televisi, dan iklan yang murah namun kurang bisa menyebar ke khalayak luas misalkan iklan brosur dan iklan koran baris. Tentunya analisis ini hanyalah sebagai contoh dan belum tentu benar saat di lapangan.

Ada pula iklan di internet yang gratis, semisal memasarkan produk melalui sosial media. Asalkan ada kemauan, pasti akan ada celah untuk memasarkan produk Anda melalui iklan secara efektif dan efisien.

2. Word of mouth

Word of mouth merupakan teknik pemasaran yang murah, bahkan bisa dilakukan tanpa modal sama sekali, namun membutuhkan waktu yang sangat lama. Teknik ini adalah teknik di mana Anda melakukan pendekatan ke calon konsumen secara langsung.

Word of mouth efektif untuk menumbuhkan kepercayaan calon konsumen dari alam bawah sadar mereka. Anda tidak perlu melakukannya sendiri. Anda bisa menyuruh orang lain atau teman dari calon pembeli untuk memberitahu mengenai kelebihan produk Anda karena pada dasarnya manusia cenderung lebih percaya akan sesuatu yang diberitahu oleh orang terdekatnya.

Namun ingat, teknik ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan terkadang bisa membuat frustasi. Tapi bila Anda memang menargetkan produk Anda bisa eksis di era mendatang dan memiliki kesan tersendiri bagi pelanggannya, maka word of mouth dapat Anda coba.

3. Pendekatan langsung

Pendekatan langsung berbeda dengan word of mouth seperti yang telah disebutkan di atas. Bila word of mouth lebih menekankan pada ‘teman calon pembeli’, maka pendekatan langsung lebih fokus ke sales promotion dari perusahaan/individu yang merekrutnya.

Pendekatan langsung mendekati calon konsumen secara profesional dan bedasarkan etika bisnis, berbeda dengan word of mouth yang dilakukan secara personal.

(photo: buzzle.com)