5 Tips dalam Berbisnis Sepatu

Sepatu TIPSWIRAUSAHA.COM – Sepatu merupakan alas kaki yang paling sering dipakai oleh hampir semua orang di dunia. Dibandingkan dengan alas kaki seperti sandal, sepatu dapat digunakan di hampir semua acara seperti hangout bersama teman, ke kampus, olahraga, dan sebagainya.

Sepatu juga mempunyai style dan bentuk yang beragam. Apalagi dengan berjalannya waktu, semakin banyak saja rupa sepatu yang keren-keren namun tidak menghilangkan kegunaan sepatu itu sendiri.

Indonesia merupakan negara dengan pangsa pasar sepatu yang besar. Setiap orang pasti mempunyai sepatu karena merupakan salah satu kebutuhan pokok selain pangan dan papan. Kebutuhan akan sepatu pun tidak hanya sebatas sebagai alas kaki saja, namun juga sebagai pelindung dan sebagai sarana mengekspresikan diri.

Begitu banyak bisnis sepatu yang menjamur di Indonesia, mulai dari harga yang tidak masuk akal sampai harga yang masih bisa diambil dari kantong dompet yang pas-pasan.

Melihat begitu besar peluang berbisnis sepatu, Anda dapat memulainya dari sekarang. Berikut TipsWirausaha.com memberikan tips-tips untuk Anda:

  1. Pastikan sepatu di toko Anda merupakan sepatu up to date

Anda tidak ingin kan jika suatu saat nanti ada calon pembeli yang berkata, “Wah kok ini sepatu yang dulu aku pakai saat masih kecil, ya?”. Memastikan bahwa sepatu yang Anda jual merupakan sepatu masa kini adalah suatu kepastian. Namun ada juga calon pembeli yang menyukai sepatu classic, maka Anda dapat menyediakannya dalam tempat tersendiri di toko Anda.

  1. Pilih jenis sepatu yang akan Anda jual

Jenis sepatu bisa bermacam-macam seperti sepatu olahraga, sepatu high heels, sepatu kampus, dan sebagainya. Jika Anda ingin menjual berbagai macam sepatu dalam satu toko, maka hal ini akan semakin menjaring banyak calon konsumen dari berbagai kalangan untuk datang ke toko Anda.

  1. Pasang mata ke kompetitor Anda

Dengan banyaknya bisnis sepatu yang ada, kompetisi bukanlah hal yang tidak bisa dihilangkan. Anda dapat melihat bagaimana kompetitor memasarkan sepatu mereka, kemudian Anda melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Ingat kata kuncinya adalah modifikasi, jadi Anda tidak bisa secara langsung meniru gaya kompetitor Anda karena bisa-bisa Anda akan dituduh melakukan plagiat oleh kompetitor Anda.

  1. Ekspansi toko Anda ke arah yang lebih besar

Bila pada nantinya bisnis sepatu Anda sudah menghasilkan profit yang besar, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menambah bisnis sepatu Anda semakin besar, seperti memakai jasa iklan untuk menambah jaringan calon konsumen Anda, atau Anda dapat membuka toko online. Hal ini dapat membuat toko Anda bisa dibeli dari berbagai tempat di Indonesia, dan tidak menutup kemungkinan sampai ke mata dunia.

  1. Berikan jasa layanan lainnya yang berkaitan dengan sepatu

Anda bisa menawarkan jasa lainnya seperti parfum anti-bau karena biasanya sepatu adalah salah satu sumber bau yang paling susah dihilangkan. Pastinya Anda harus riset terlebih dahulu mengenai bahan apakah yang harus digunakan dalam pembuatan parfum, atau Anda dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk menyediakan parfum anti-bau kepada Anda. Nantinya hal ini akan menambah penghasilan Anda, bukan?

Demikian tips-tips dalam berbisnis sepatu yang bermanfaat bagi Anda. Selamat berbisnis sepatu!