4 Jenis Usaha Tanpa Modal

4 Jenis Usaha Tanpa ModalTIPSWIRAUSAHA.COM – Berbicara tentang usaha, yang pertama terpikirkan biasanya adalah modal. Banyak orang membatasi diri tentang modal. Mereka beranggapan bahwa modal adalah uang. Pendapat tersebut tidaklah salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Uang sebenarnya hanya salah satu bagian dari modal dalam memulai usaha, modal yang utama sebenarnya adalah tekad yang kuat dan badan yang sehat.

Ada pepatah mengatakan bahwa dimana ada keinginan, disitu ada jalan. Orang dapat memulai sebuah usaha hanya dengan modal tekad. Jadi dengan demikian anggapan bahwa modal usaha adalah uang dapat berangsur-angsur melemah.

Berikut ini adalah 4 jenis usaha yang tidak perlu modal uang, yang penting ada tekad, semangat juang, dan strategi yang brilian.

1. Penulis

Salah satu usaha tanpa modal uang adalah menjadi seorang penulis. Penulis merupakan sebuah profesi yang memerlukan intelegensi tinggi. Seorang penulis harus berwawasan luas dan pandai merangkai kata sehingga dapat menarik minat pembaca untuk membaca atau menikmati tulisan yang ia buat.

Tulisan tersebut dapat dimasukkan ke sebuah penerbit dan dicetak menjadi bahan bacaan untuk khalayak umum. Dari ulasan tersebut, dapat dilihat bahwa seorang penulis tidak memerlukan modal berupa uang dan pasti akan menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit

2. Reseller

Ketika anda ingin menjadi reseller, anda tidak perlu memiliki modal uang, anda hanya perlu menemukan penjual produk atau produsen dan menjualkannya kembali kepada pembeli. Anda bisa memperoleh keuntungan dengan cara menaikkan harga dari penjual pertama/ produsen.

Hal yang perlu diperhatikan, anda jangan menaikkan harga secara berlebihan, meskipun saat itu anda memperoleh keuntungan yang besar tapi pembeli biasanya akan berhenti jadi langganan anda saat tahu harga produk memiliki selisih yang jauh dengan di pasaran.

Sedikit tapi terus-menerus lebih baik dari pada banyak tapi tidak berkelanjutan. Yang perlu anda lakukan adalah membangun pasar bagi produk yang anda jual.

3. Broker

Broker atau makelar usahanya mirip dengan reseller, hanya saja keuntungan yang dia peroleh berupa tip (pemberian sukarela) ataupun berdasarkan kesepakatan dari kedua pihak yaitu penjual dan pembeli.

Penjual senang karena sudah dibantu dijualkan produknya, sedangkan pembeli juga senang karena sudah dibantu memperoleh barang yang diinginkan. Misalnya ada seseorang yang ingin menjual mobilnya, kemudian dia bertemu dengan broker. Broker membantu orang tersebut mencari pembeli.

Dengan keterampilan marketing yang dimilikinya serta jaringan yang lebih banyak, tentu broker lebih mudah dalam menjual mobil orang tersebut. Setelah memperoleh pembeli dan terjadi transaksi maka broker akan menerima tip dari penjual dan pembeli sehingga Ia untung dari dua sisi.

4. Blogger

Seiring dengan berkembangnya dunia internet, masyarakat dari desa hingga perkotaan dapat melihat atau mengunduh informasi yang mereka butuhkan melalui internet.

Hal ini dapat menjadi peluang bagi anda yang menyukai dunia tulis-menulis dan memiliki wawasan yang luas. Anda hanya perlu membuat sebuah blog (gratis atau berbayar) dan mulai menulis beberapa artikel sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebaiknya anda memilih topik yang unik, menarik, dan bermanfaat. Sehingga banyak pembaca yang akan mengunjungi blog anda. Semakin banyak pengunjung tentu saja penghasilan anda akan lebih besar.

**

Itulah beberapa yang dapat berjalan tanpa modal uang. Semoga dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi anda.