Khusus Pemula, Modal Kecil Laba Besar

minim usahaTIPSWIRAUSAHA.COM – Pilihan usaha yang cocok untuk pebisnis yang baru akan memulai wirausahanya pasti bermodal kecil, bersifat simple, dan minim resiko.

Referensi jenis usaha untuk pemula yang memiliki modal kecil atau tanpa modal sekalipun akan kami paparkan. Bagi Anda yang berminat dan ingin mencoba berbisnis, berikut contoh usaha yang disarankan.

Bidang Kuliner

Usaha di bidang ini tentu dapat dipastikan tidak akan mati sampai kapapun. Beragam jenis kuliner pasti terus laku, mengingat ini merupakan kebutuhan pokok manusia.

Berawal dari modal minim, Anda dapat menjual kuliner dengan jumlah kecil dan harga yang murah. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menjual dalam jumlah banyak dan berinovasi sehingga menambah besaran nominal harganya.

Bidang Fashion

Sama halnya dengan kuliner, fashion juga merupakan kebutuhan pokok. Perkembangan dunia fashion yang cepat berubah membuat Anda dapat masuk sebagai pebisnis dalam bidang ini kapanpun.

Anda bisa berperan sebagai desainer, pemilik toko ataupun yang lainnya. Satu hal yang harus Anda lakukan, selalu berpikir kreatif agar menghasilkan produk yang inovatif sehingga diminati pasar.

Distributor

Bisnis tidak harus dengan modal dan perencanaan produksi. Salah satu yang bisa Anda lakukan tanpa modal dan tanpa proses produksi yaitu menjadi seorang ditributor.

Artinya, sebagai pebisnis Anda hanya menyalurkan produk dari produsen ke konsumen. Keuntungan yang Anda dapat berasal dari jasa penyaluran tersebut. Semakin banyak produk yang disalurkan, maka keuntungan semakin besar.

Bidang Jasa

Usaha di bidang jasa bisa dijalankan dengan modal kecil ataupun tanpa modal. Faktor terpenting yang harus Anda perhatikan adalah kepuasan konsumen atas pelayanan yang diberikan.

Disamping itu, keahlian khusus juga harus dimiliki. Misalnya, jasa potong rambut, jasa pengiriman, usaha bengkel, usaha servis dan lainnya. Pelayanan maksimal dapat diwujudkan dengan komunikasi dua arah, yakni menerima masukan berupa kritik dan saran guna perbaikan pelayanan.

Bidang Peternakan

Bagi anda yang berdomisili di desa, usaha peternakan sangat cocok di jalankan. Modal yang relatif kecil Anda bisa menjalankannya, yang terpenting ialah ketekunan dan ketelatenan.

Hewan ternak bermodal kecil antara lain ayam, itik, budidaya ikan lele dan lainnya. Strategi sukses berternak yakni dengan cara membuat pakan sendiri atau mencari pakan alami di alam. Hal ini karena kebutuhan terbesar usaha ternak terletak pada pakan.

****

Bagi pemula, 5 usaha di atas sangat disarankan untuk dicoba. Apabila Anda khawatir atas terjadinya resiko yang mungkin terjadi. Mulailah usaha baru Anda dalam skala kecil.

Jika profit yang didapatkan sesuai dengan rencana, maka beralihlah ke skala yang lebih besar. Kegagalan dalam bisnis wajar terjadi, analisa dan temukan kesuksesan di bidang yang Anda jalani. Kuncinya adalah jangan takut mencoba dan yakinlah akan kesuksesan yang pasti Anda dapatkan.[]