Tips Sukses Memulai Bisnis Online Shop

onlineTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis menggunakan jaringan internet atau yang dikenal bisnis online kini sedang banyak digandrungi.

Memulai bisnis online tidak semudah yang anda bayangkan. Anda perlu melakukan berbagai hal agar bisnis anda laris manis.

Kali tipswirausaha.com akan memberikan tips bagi Anda yang akan memulai bisnis online. Simak ulasan kami di bawah ini:

Spesifikasi produk lengkap

Bisnis online merupakan transaksi dimana pembelinya tidak mengetahui produk yang akan dibelinya. Oleh karena itu sebaiknya Anda mencantumkan spesifikasi produk dengan jelas.

Hal ini dilakukan agar konsumen bisa mendapat gambaran dari produk Anda agar pembeli tidak merasa tertipu saat mendapatkan barang yang dipesannya. Misal pada bisnis online baju maka Anda harus mencantumkan jenis bahan, ukuran panjang dan lebar baju, serta detail lain.

Gunakan foto dengan kualitas yang bagus

Untuk mengantisipasi kekecewaan pelanggan maka gunakanlah foto tiap Anda mempromosikan produk Anda.  Namun perlu diperhatikan kualitas gambar, gunakanlah foto yang berkualitas bagus.

Foto yang buruk hanya akan membuat pelanggan tidak yakin terhadap produk Anda.  Foto yang buruk bisa saja menghasilkan perbedaan pada produk dan gambar yang diberikan.

Manfaatkan model

Menggunakan model untuk memasarkan produk Anda bisa meningkatkan daya minat pelanggan bung. Dengan menggunakan model akan membuat foto produk Anda menjadi semakin hidup. Sehingga pembeli bisa mendapatkan gambaran pada saat produk dipakai.

Rajinlah memasang iklan

Jika Anda memiliki alokasi dana lebih rajinlah untuk memasang iklan. Anda bisa memasang di google, facebook atau tempat media lain yang sering digunakan oleh pelanggan anda. Beriklan akan memudahkan calon pembeli untuk menemukan produk anda.

Berdayakan facebook

Apabila anda memiliki alokasi dana iklan terbatas, tidak perlu berkecil hati. Facebook masih menjadi sosial media yang memiliki banyak sekali pengguna di dunia. Ini akan membuka peluang konsumen untuk melihat produk-produk Anda.

Sebaiknya Anda gunakan akun facebook semaksimal mungkin untuk meningkatkan brand awareness dan menarik para calon pelanggan.

Gunakanlah fans page dan posting produk-produk anda di facebook. Seringlah posting produk anda, jangan lupa juga dihubungkan dengan website tempat produk anda berada.

Merambah sosmed lain

Setelah cukup menggunakan facebook Anda kini bisa memulai dengan menggunakan twitter, google plus atau pun membuat blog. Hal tersebut dilakukan agar melebarkan pasar produk Anda.

Bijaksana dalam penggunaan sosmed

Dalam menggunakan sosial media untuk promosi sebaiknya gunakanlah dengan bijaksana. Jangan melakukan spamming karena itu hanya akan membuat mereka kesal.

Spamming adalah mention atau mengetag orang dengan asal-asalan. Usahakan apabila Anda akan mengetag atau pun mention Anda benar-benar paham apakah orang tersebut adalah target dari pasar Anda atau bukan.

Berikan testiomonial

Testimonial adalah semacam komentar dari para pelanggan  yang telah mencoba produk anda. Mintalah testimonial dari mereka. Tampilkan testimonial di toko online anda. Memasang testimonial bisa menambah kepercayaan calon konsumen berikutnya.

***

Demikianlah beberapa tips sukses memulai bisnis online shop yang bisa kami sajikan pada kesempatan ini. Semoga bisa membantu. Selamat berjuang!