Tips Sukses Memulai Bisnis Catering

Tips Sukses Memulai Bisnis Catering
Tips Sukses Memulai Bisnis Catering

TIPSWIRAUSAHA.COM – Pada saat ini usaha dibidang kuliner banyak sekali memotivasi para pelaku bisnis pemula untuk mekaukan atau mencoba untuk menekuni beragam macam usaha kuliner seperti membuka warung maka, restoran, supplier makanan, distributor makan ringan,dan memulai untuk mecoba membuka usaha catering.

Makin banyaknya usaha dalam bidang kuliner ini tidak terlepas dari fakta bahwa setiap orang akan selalu membutuhkan makanan sebagai kebutuhan primernya sehingga bisnis kuliner ini menjadi salah satu bisnisyang tak aka nada matinya dipasar.

Jika anda memiliki hobi memasak serta dapat menghasilkan masakan dengan citarasa yang bisa menjual, tidak ada salahnya anda untuk mencoba memulai usaha catering ini dalam skala kecil sebagai contoh yaitu cateraing rumahan.

Dengan menggunakan modal kecil, anda dapat memperoleh keuntungan yang sangat menjanjikan ini hingga dua kkali lipat dari modal awal anda.

Sebagai langkah awal, anda dapet melakukan kerja sama dengan orang terdekat anda seperti dengan sodara atau tetangga dalam memulai usaha catering rumahan ini untuk acara pesta ulang tahun atau arisan RT, pengajian, atau pertemuan lain.

Persiapan Awal Memulai Bisnis Catering

Untuk memulai usaha catering anda, anda tidak perlu melihat besar kecilnya jumlah modal yang anda miliki.

Selama anda memiliki modal keahlian mengolah rasa masakan menjadi lezat, keyakinan serta kerja keras untuk mulai hidup sukses dan manajemen usaha yang bagus. Maka peluang sukses untuk anda yang ingin merintis bisnis ini akan selalu terbuka lebar untuk anda.

Anda bisa memanfaatkan bantuan dari teman-teman atau pihak keluarga untuk mendapatkan pinjaman tambahan modal dan selain itu dengan peralatan  masak yang anda miliki, lakukanlah tes rasa untuk mengetahui kekurangan serta kelibahan masakan yang telah anda buat.

Persiapan Awal Memulai Bisnis Catering
Persiapan Awal Memulai Bisnis Catering

Mintalah pendapat teman teman anda atau keluarga anda tentang masakan yang anda buat serta minta masukan untuk meningkatkan kualitas masakan catering buatan anda.

Selain itu, anda bisa juga membagikan sampel masakan catering anda secara gratis kepada tetangga sekitar atau kenalan anda lainnya sebagai ajang promosi makasan anda.

Setelah itu, anda harus merancang berbagai menu catering serta pertimbangakn untuk mengelompokan  menu-menu catering ke dalam berbagai katergori harga, contohnya harga mahal diatas Rp. 75.000, harga menengah Rp. 50.000 –  Rp. 75.000 dan harga yang terjangkau dibawah  Rp. 50.000 untuk memikat lebih banyak kinsmen dari berbagai kelas ekonomi.

Setelah anda merancang menu catering serta pertimbangan harga secara matang, anda harus melakukan strategi promosi yang efektif dengan cara membagikan brosur ke masyarakat sekitar, dengan memasang iklan di Koran, di radio setempat, serta pasang iklan secara online di media social dan membuat website sendiri.

Panduan Untuk Mengembangkan Bisnis Catering

Agar usaha dan bisnis catering anda dapat berjalan dengan lancar dan berkembang, anda harus memiliki manajemen waktu yang baik serta kualitas produk catering anda haruslah sebanding dengan kualitas pelayanan yang anda berikan.

Anda sebaaiknya memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap pembeli seperti pelayanan yang ramah serta tepat waktu dalam menyajikan masakannya. Dengan adanya pelayanan yang baik serta kualitas masakan yang lezat, maka usaha catering anda akan selalu mendapat tempat di hati masyarakat dan akan semakin banyak juga peminatnya.

Apabila usaha catering anda sudah memiliki banyak pelanggan tetap dan mendapatkan banyak pesanan, anda mungkin bisa menambah pegawai untuk mempermudah anda dalam menjalankan usaha catering anda.

Lakukanlah pembagaian tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing pegawai, lakukanlah pengontrolan pekerjaan pegawai anda untuk menghindari kelalaiaan atau kesalahan yang mungkin saja terjadi.

Nah, itulah beberapa tips sukses memulai bisnis catering yang bisa anda pertimbangkan untuk menjalani usaha ini, semoga usaha anda bisa berkembang dan meraih kesuksesan.