Fauzan Hangriawan Sukses dengan Budidaya Lele di Jakarta

budidayaTIPSWIRAUSAHA.COM – Memulai bisnis terkadang sangatlah sulit bagi pemula, apalagi yang belum mengetahui seluk beluk di dalamnya. Tapi berbeda jika bisnis yang dilakukan adalah hobi seperti Fauzan Hangriawan yang memulai bisnis budidaya lele.

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin ramai Fauzan memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis lele.

Pria yang melakokoni bisnisnya di Jakarta ini terbilang masih cukup muda. Bahkan hingga mencapai keuntungan ratusan juta rupiah dalam sebulan.

Tim kerja TipsWirausaha.com mengangkat kisah sukses Fauzan Hangriawan dalam beternak ikan lele. Menurut kami kisah sukses ini sangat bagus dan bisa menginspirasi banyak orang dalam berusaha.

Sejak remaja Fauzan memang hobi memelihara ikan air tawar, selanjutnya dia melihat prospek budidaya lele yang cukup menjanjikan. Dia mengaku belajar membudidayakan lele langsung dari Pusat Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi.

Walaupun awalnya hanya dilakoni sebagai hobi saja, namun dia akhirnya memutuskan untuk melakoninya dengan serius. Tujuannya agar bisa membantu banyak pengangguran yang berada di sekitar rumahnya.

Dalam menjalani bisnisnya, Fauzan mengaku terus menjaga kualitas hasil lele yang dibudidayakannya dan meningkatkan pelayanan kepada pembeli. Selain itu dia juga dikenal tidak pelit dalam berbagi ilmu budidaya lele kepada para pembelinya.

Berbagai hal yang kreatif yang dilakukan Fauzan untuk mengembangkan budidaya lelenya, antara lain sebagai berikut:

Menjualnya melalui online

Fauzan sadar betul bahwa media online sudah sangat mempengaruhi dunia usaha, termasuk untuk budidaya lele. Melalui internet dia memperluas pangsa pasarnya dan menerima pesanan dari seluruh penjuru kota dan dunia. Hal yang dilakukannya di media online ternyata memberikan pengaruh besar terhadap hasil penjualan lelenya.

Mengikuti berbagai pameran usaha

Pameran usaha ternyata juga cukup berpengaruh untuk mempromosikan usahanya. Fauzan rajin mengikuti pameran usaha di daerahnya dan memperkenalkan lele hasil budidayanya kepada masyarakat luas.

Berkat perjuangan dan kegigihannya Fauzan mendapatkan penghargaan dai Bank Mandiri sebagai pemenang kedua Wirausahawan Muda Budidaya Lele yang meraup omzet sampai ratusan juta rupiah per bulannya.

Saat ini dia juga melakukan pendampingan terhadap para petani dan membantu sosialisasi penggunaan biflok untuk budidaya lele. Penggunaan bioflok mampu meningkatkan hasil budidaya lele sampai empat kali lipat.

Bahkan saat ini dia tengah berencana untuk terjun di dunia olahan ikan lele berupa sarden lele yang belum ada di pasaran. Sementara permintaan sudah datang dari negeri Taiwan. Untuk itu dia juga gencar melakukan pembinaan kepada para petani untuk mensukseskan tujuannya itu.

***

Nah, demikianlah sekelumit kisah sukses Fauzan Hangriawan, juragan ikan lele dari Jakarta. Semoga kisah ini memberikan motivasi bagi Anda untuk terus berjuang mengembangkan bisnis Anda saat ini.

Semangat!