Cara Memulai Bisnis Café

membuka usaha cafePada saat ini usaha café serta resto semakin hari semakin ramai dan sudah banyak usahanya yang berkembang terutama café yang terletak di kota besar. Dari sisi menu serta fungsi antara keduanya sering kali terdapat banyak perbedaan, café lebih berkonotasi pada kenyamanan sehingga lebih banyak digunakan sebagai tempat diskusi, ngobrol santai bahkan meeting sekalipun.

Café itu selalu identik dengan suasana yang nyaman, maka dari itu hal yang harus anda perhatikan adalah mendesain café yang menarik serta jenis hidangan dan tempat penataan harus professional.

Sementara itu, resto lebih fokus pada penjualan makanan, tempat menjadi pendukung. Hal ini terkandang tidak berlaku baku, ada beberapa penyimpangan dan berkembang sesuai dengan jaman.

Mengingat kata café, maka dalam bayangan terlintas secara otomatis adalah suasana yang nyaman dan tenang serta hidangan yang praktis dan lezat yang bisa membuat orang betah berlama-lama di sana. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kelahiran adanya café ini berasal dari luar negeri yang kebanyakan jenis hidangannya pun lebih banyak meniru masakan internasional.

Sebenarnya secara tradisional Outlet juga menyediakan makanan ini yang sudah berkembang sejak lama di Indonesia yaitu dengan munculnya warung kopi yang dilengkapi dengan snack. Maka secara otomatis dalam benak hati bahwa membuka usaha café ini memerlukan investasi dan biaya yang luar biasa yang dimulai dari pembangunan suatu gedung, penyediaan fasilitas pelengkap seperti kursi dan meja yang nyaman, internet atau wifi agar menarik suatu pengunjung dan aneka aksesoris pendukung yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah bahkan miliyaran.

Kemunculan fenomena café ini bisa jadi merupakan salah satu bentuk dari gaya hidup perkotaan yang suka menghabiskan waktu untuk bersantai atau berkumpul bersama teman atau relasi sambil menikmati aneka hidangan.

Ada beberapa jenis café yang terkenal misalkan café yang menghadirkan aneka masakan berat seperti Dim Sum, Burger dan Steak atau aneka makanan snack dan pastry seperti Cupcake, Croissant, Ice cream, kopi dan teh. Kafe jenis ini banyak sekali bermunculan di sejumlah mal dan tempat hibuaran besar atau tempat yang strategis yang ramai dikunjungi.

Anda bisa membuka usaha café kecil-kecilan dengan menggunakan warung tenda, depan rumah atau café outdoor yang buka di malam hari. Dengan adanya tempat yang sederhana disulap menjadi menarik meski tidak mewah, maka pengunjung akan tertarik untuk berkunjung.

Beberapa Hal Yang Anda Harus Lakukan Agar Menu Café Terjangkau Serta Banyak Disukai

Agar menu café Anda terjangkau dan banyak disukai oleh orang banyak adalah dengan merekayasa menu. Ada beberapa jenis menu café ala international yang memang harganya sangat mahal dan kurang diterima oleh orang Indonesia.

Berikut ini adalah tips agar menu yang Anda sajikan murah dan diterima:

Memilih Bahan Berharga Ekonomis

Anda harus pandai memilih bahan dengan harga murah namun tetap harus tetap terjamin higienis. Anda bisa dapatkan dari supplier langsung yang memang memberi harga khusus. Menggantikan salah satu bahan dengan bahan lain yang memiliki standar yang cocok seperti mengganti merk keju dengan jenis keju lokal Indonesia yang lebih murah serta cocok dengan lidah orang Indonesia ataupun yang lainnya, meski harganya murah, tapi tetap harus berkualitas.

Menambahkan Menu Khas Indonesia

Hal ini merupakan hal yang penting sebagai alternative pelanggan yang memang suka makanan Indonesia atau pelanggan yang kurang suka dengan makanan barat tapi ingin menikmati suasana cafenya saja. Sebagai contoh, sediakan aneka menu yang cocok seperti sop iga, nasi goreng ,mie goreng atau ayam goreng dan lain sebagainya.

Memperjelas Menu Unggulan

Menu unggulan café yang Anda jual harus menjadi fokus utama dan ditonjolkan. Sebagai contoh café Anda adalah café khusus menjual minuman kopi sebagai menu andalan Anda, maka pencantuman dan promosinya yang tertuju hanyalah kepada kopi, walaupun anda menjual burger sebagai unggulan perlu ditampilkan, ataupun menu makanan lain.

Nah itulah beberapa cara untuk memulai bisnis café ini, semoga bermanfaat.