Cara Tepat Menjaga Loyalitas Pelanggan

TIPSWIRAUSAHA.COM – Pelanggan atau costumer merupakan tiang dari kekokohan bisnis anda. Jika bisnis anda kehilangan pelanggan maka secara tidak langsung anda juga akan kehilangan pundi-pundi keuangan anda. Tentu itu bukan keinginan anda bukan?

Sebagai wirausahawan handal seharusnya anda sudah memikirkan hal ini sejak dini. Sebelum para pelanggan anda menghilang, sebaiknya lakukan berbagai langkah taktis agar mereka tetap loyal kepada bisnis anda.

Berikut ini berbagai hal yang harus anda lakukan agar tetap mendapat loyalitas dari pelanggan.

Berikan kepuasan penuh pada pelanggan

Salah satu alasan pelanggan tetap memilih produk atau layanan anda adalah karena mereka terpuaskan. Terpuaskan secara lahir dan batin. Pelanggan yang terpuaskan atas produk atau pun jasa yang bisnis anda berikan pasti akan kembali lagi kepada anda saat mereka membutuhkan.

Selalu meningkatkan mutu dan inovasi produk

Seiring ketatnya persaingan usaha, inovasi dan peningkatan kualitas produk sangatlah berarti. Sebelum produk anda tergeser dengan banyaknya produk berkualitas lebih baik yang muncul, seharusnya anda sudah menciptakan inovasi terbaru. Dengan anda melakukannya maka bisnis anda tetap akan menang di pengalaman, branding, dan kepercayaan konsumen.

Manfaatkan loyalitas dari konsumen agar mereka tetap memilih produk anda. Walaupun ada yang lebih baik, percayakan pada mereka bahwa andalah yang terbak

Ciptakan produk sekunder untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Setiap waktu kebutuhan manusia selalu bertambah. Pada zaman dahulu orang tidak perlu menggunakan tisue saat masuk ke toilet. Tetapi saat ini semuanya telah berubah. Berfikirlah kreatif agar mendapatkan keuntungan lebih dan loyalitas dari k0nsumen.

Seperti kata pepatah, seandainya anda menjual mobil. Berikan layanan service gratis atau jual juga suku cadangnya. Jalani bisnis anda dengan sepenuh hati, jangan setengah-setengah.

Ciptakan komunikasi efektif dengan pelanggan

Pelanggan yang anda perhatikan lebih akan memiliki hubungan kedekatan emosional. Menciptakan hubungan emosional terkadang bukanlah hal yang mudah. Anda harus menciptakan komunikasi efektif dengan mereka dengan berbagai cara.

Anda bisa saja mengirimkan parsel setiap kali pelanggan anda merayakan ulang tahun atau di saat tahun baru. Sentuhan kecil yang dapat membuat pelanggan anda terkesan akan menjadi hal yang luar biasa hasilnya.

Berikan diskon atau layanan khusus

Walaupun anda telah menguasai pasar, tapi bukan berarti anda harus diam dengan semua pesaing baru yang datang. Hal ini akan membuat pelanggan beranjak ke pihak yang lain. Anda harus tetap bisa menjaga keseimbangan bisnis dengan diskon yang anda berikan dan suprise kepada pelanggan. Hal ini menjadikan minat mereka menggunakan produk anda lebih baik.

Menjalankan bisnis merupakan seni yang harus anda nikmati. Selayaknya main layang-layang. Ketika saatnya tiba anda harus menariknya, dan pada saat tertentu anda harus mengulurnya. Gunakan insting dan pertajam dengan jam terbang selama anda menjalankan bisnis. Salam sukses.