Peluang Usaha Rumah Kontrakan

Peluang Usaha Rumah KontrakanRumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, karena jika tidak ada rumah atau tempat tinggal dimana lagi kita bisa berteduh.

Kebutuhan akan tempat tinggal saat ini semakin meningkat, hal ini bisa menjadi suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Anda dapat jadikan bisnis rumah kontrakan yang kini semakin terus berkembang biasanya di daerah sekitar sekolahan, pabrik, kantor-kantor, perusahaan perusahaan besar bahkan paling banyak di sekitar kampus atau universitas.

Bagi Anda yang memiliki tabungan dalam bentuk tanah ataupun berupa bangunan rumah tinggal, Anda dapat memanfaatkan rumah tersebut sebagai rumah yang disewakan atau dikontrakan.

Jika lokasi rumah yang ingin Anda jadikan sebagai rumah kontrakan berada jauh dari pusat kota, Anda dapat menetapkan harga sewa yang lebih murah dan bisa bersaing dengan rumah-rumah kontrakan yang berada disekitarnya.

Sebaliknya, jika lokasi rumah yang akan Anda jadikan sebagai rumah kontrakan itu berada dekat dengan pusat kota, seperti kampus, sekolah dan perkantoran itulah nilai tambahan bagi Anda karena hal tersebuh pasti mendapatkan banyak calon penyewa rumah.

Tips Memulai Bisnis Rumah Kontrakan

Agar Anda lebih berhasil dalam merintis bisnis rumah kontrakan ini, Anda perlu memahami hal-hal penting sebagai berikut:

Perhatikan Harga Sewa Rumah

Hal yang utama harus lakukan dalam memulai usaha kontrakan ini adalah dengan mencari tahu tentang harga sewa atau harga kontrakan yang berada disekitarnya, cari tahulah harga rata-rata rumah kontrakan di daerah atau tempat yang akan Anda jadikan tempat usaha rumah kontrakan.

Untuk mengetahui tentang nilah harga sewa hunian yang sesuai, Anda bisa membaca iklan-iklan rumah kontrakan yang berada di surat kabar maupun bertanya langsung kepada agen properti tentang harga sewa hunian rata-rata yang berlaku saat ini.

Pemilihan Lokasi Rumah

Pemilihan lokasi rumah merupakan salah satu hal wajib. Semakin strategis lokasi rumah yang Anda sewakan, maka akan semakin banyak kemungkinan keuntungan yang akan Anda raih.

Beberapa lokasi rumah yang strategis diantaranya adalah di dekat tempat kerja atau perkantoran, di dekat pusat pendidikan seperti misalnya kampus dan sekolahan atau bisa juga di tempat yang dekat dengan pusat perbelanjaan, terutama mall.

Kualitas Bangunan

Kualitas bangunan mutlak harus diperhatikan. Semakin baik kualitas bangunan kontrakan yang Anda bangun, maka akan semakin banyak juga peminatnya. Kualitas bangunan tidak hanya mengAndalkan penampilan eksterior saja, penampilan interior juga wajib diperhatikan.

Perjanjian Kontrak Rumah

Membuat perjanjian kontrak rumah merupakan salah satu hal yang wajib untuk para pelaku bisnis rumah kontrakan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga aset rumah Anda dari hal hal yang tidak diinginkan seperti misalnya kerusakan bangunan dan lain lain.

Apalagi untk Anda yang menyediakan berbagai fasilitas tambahan di rumah kontrakan Anda seperti misalnya televisi, kulkas, meja, kursi, kompor, peralatan makan dan yang lainnya, perjanjian hitam di atas putih merupakan hal yang sangat wajib.

Pemilihan Konsumen

Jika semua hal dirasa sudah cukup, kini sudah saatnya Anda selektif dalam memilih konsumen atau calon pengontrak di rumah kontrakan yang telah Anda bangun.

Anda bisa memperhatikan beberapa tipe orang atau kebiasaannya sehari hari. misalnya saja, seorang wanita tentu saja jauh lebih telaten dalam merawat rumah dibandingkan dengan kaum pria.

Perhatikan juga pekerjaan dari calon pengontrak yang akan menempati rumah Anda. tanyakanlah detail pekerjaan dan kalau perlu, tanyakan juga pendapatan bulannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah bayaran yang macet dari orang yang mengontrak di rumah Anda.