Tips Sukses Menjalankan Bisnis Spa Ala Wulan Tilaar Widarto

spaTIPSWIRAUSAHA.COM – Merawat tubuh kini bukan hanya kebutuhan wanita yang telah bersuami. Dari anak-anak, remaja, hingga laki-laki dewasa pun kini melakukan perawatan tubuh. Salah satu perawatan tubuh yang banyak digemari banyak orang kini adalah perawatan spa. Hal ini tentu sangat didukung dengan kondisi negara kita yang kaya akan rempah-rempah yang memiliki manfaat untuk tubuh.

Dengan itu, bisnis spa ini terus berkembang pesat di negara kita. Perawatan spa Indonesia hadir sebagai perawatan yang khas dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Oleh karena itu jika anda ingin menjalankan bisnis ini anda harus banyak belajar tips dan trik untuk menjalankan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Kali ini tipswirausaha.com akan memberikan beberapa tips agar bisnis spa anda dapat meraup untung lebih. Tips kali ini dikutip dari Wulan Tilaar Widarto, dipl. Cidesco, Director Martha Tilaar Spa.

Pada kegiatan Martha Tilaar Beautifying Indonesia Conference, di Bandung, Wulan memberikan beberapa ilmu dan rahasia kesuksesan bisnis spa. Wulan memberikan 20 smart ways to market your spa dengan 100 peserta yang merupakan penggemar spa dan 10 sampai dengan 15 orang merupakan pemilik spa.

20 kunci cerdas yang diberikan oleh Wulan adalah :

  1. Menetapkan target untuk staf.
  2. Melakukan inovasi spa.
  3. Memanjakan lima indera.
  4. Memberikan penawaran khusus.
  5. Selalu kreatif melakukan inovasi.
  6. Melakukan penyesuaian dan inovasi menu perawatan spa.
  7. Membuka celah promosi.
  8. Mengikuti tren terkini.
  9. Membangun kerjasama tim.
  10. Menjadi pemilik spa yang proaktif.
  11. Memberikan apresiasi kepada pelanggan dengan hadiah.
  12. Sebagai pemilik yang terlibat langsung menjalankan bisnis.
  13. Berikan bukti bukan janji.
  14. Selalu membangun relasi dengan siapapun.
  15. Mau mendengarkan kebutuhan tamu.
  16. Mengadakan workshop.
  17. Memasarkan diri sendiri bagian dari membangun imej.
  18. Konsultasi juga penting.
  19. Perhatikan strategi pricing.
  20. Tak pernah lelah belajar dalam mengembangkan diri dan bisnis.

Namun dari 20 kunci sukses yang ia sebutkan, terdapat lima faktor yang penting dan harus diperhatikan saat memberikan pelayanan. Lima hal itu adalah kualitas dari perawatan yang  diberikan, mekanisne pemasaran spa, pengelolaan sumber daya manusia, cara menarik para pelanggan, dan keterampilan pemilik spa yang harus terus berkembang.

Promosi spa juga perlu dilakukan terus menerus meski telah mempunyai banyak pelanggan dan dilakukan dengan media apapun. Selain itu, dalam melakukan promosi juga pemilik bisa menggunakan kerja sama dengan pihak lain dan membuat e-coupon seperti Deal Keren contohnya.

Wulan juga menambahkan bahwa bisnis spa juga harus memiliki target. Karyawan juga harus diberikan target tertentu agar kita terus memiliki omzet. Oleh karna itu terapis juga harus memiliki bahasa tubuh yang baik dan memiliki pengetahuan tentang produk dan perawatan yang baik.

Wulan menekankan bahwa peran karyawan sangatlah penting. Usahakan ajarkan karyawan anda untuk mendorong pelanggan melakukan perawatan namun gunakanlah cara yang lembut dan menarik. Namun peran dari pemilik spa juga penting untuk diperhatikan.

Sebagai pemiliki spa, anda harus aktif dalam mengupdate ilmu dan tran yang ada. Dengan begitu anda akan dengan mudah untuk mengembangkan bisnis anda. Untuk menambah pengetahun anda sebaiknya anda sering mengikuti kegiatan seperti workshop.