Dasar-Dasar Bisnis Konveksi Yang Perlu Anda Ketahui

jualanbajuTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis konveksi sangat unik dibandingkan dengan bisnis yang lain. Di kala kondisi perekonomian sedang lesu, bisnis ini tetap bertahan. Hal ini terjadi karena konveksi merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.
Bisnis konveksi sangat beragam, mulai dari pakaian anak-anak, pakaian dewasa, tas, dompet, topi, kerudung dan sebagainya. Berbeda degnan bisnis garment, bisnis konveksi terlalu besar dan sangat cocok untuk seorang pemula untuk memulai usaha. Sedangkan bisnis garment merupakan sektor yang cukup besar dan seringkali bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan seperti pakaian kantor dan lain sebagainya.

Berikut ini berbagai dasar dari bisnis garmen yang perlu anda ketahui sebelum memulainya.

Bisnis konveksi sangat beragam

Sebelum memulai bisnis konveksi, anda seharusnya memiliki pengetahuan mendasar mengenai bisnis ini. Setidaknya dengan demikian anda bisa melakukan riset atau survey terhadap bisnis konveksi jenis apa yang cocok dengan anda.

Anda bisa mencoba mulai dari yang bermodal kecil hingga yang besar. Anda juga bisa memulai dari jenis konveksi yang paling anda sukai. Berbagai ragam konveksi yang bisa anda geluti meliputi kaos, kemeja, blazer, baju anak, tas, topi, sepatu dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan target pasar yang anda bidik.

Diperlukan modal untuk menjalankannya

Memang tidak semua bisnis membutuhkan modal, sama dengan bisnis yang satu ini. Sektor konveksi jelas membutuhkan modal yang akan diputar untuk memperoleh keuntungan. Modal itu dibelanjakan untuk mendapatkan bahan baku, kemudian diolah hingga menjadi barang jadi siap jual. Anda juga bisa membeli bahan baku kemudian dimodifikasi sehingga memiliki nilai jual tersendiri.

Namun modal bukanlah hal mutlak yang harus anda miliki. Memulai bisnis konveksi bisa dilakukan dengan menjadi reseller atau dropshiper terlebih dahulu. Hal ini akan mengenalkan anda tentang dunia konveksi. Mulailah belajar dari orang lain yang anda ikuti, kemudian barulah anda bisa berjalan sendiri.

Diperlukan ide kreatif

Hampir semua bisnis membutuhkan ide kreatif agar mampu memenangkan persaingan bisnis. Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang menggeluti bisnis ini. Jika anda ingin ikut bersaing, mulailah dengan memikirkan hal-hal kreatif yang membuat bisnis anda berbeda dan lebih dilirik oleh konsumen.

Diperlukan pemasaran

Pemasaran merupakan upaya untuk memperkenalkan produk anda kepada konsumen. Tanpa pemasaran yang jitu produk anda akan tersia-siakan di dalam gudang. Anda bisa melakukannya dengan melakukan promosi atau diskon pada saat-saat tertentu. Diskon pada saat tertentu misalnya ketika menjelang liburan atau menjelang lebaran. Dimana calon konsumen anda kebanyakan mencari pakaian atau produk anda.

Setiap bisnis memiliki karakteristik masing-masing yang sangat berbeda. Jika anda ingin menjalankannya dengan baik, sangat diperlukan ketrampilan, pengetahuan dan kedisiplinan untuk menjalankannya. Lakukan berbagai riset kecil-kecilan yang mendukung pengembangan bisnis anda. Semoga beruntung.