Penyedia Jasa Cleaning Service Terbuka Lebar

cleaning servicesTIPSWIRAUSAHA.COM – Kebutuhan karyawan saat ini semakin beragam, belum lagi dengan kenaikan tarif Upah Minimum Regional Karyawan. Hal ini membuat banyak perusahaan berusaha untuk meminimalisir pengeluaran. Salah satunya dengan mengefektifkan pekerjaan karyawan.

Jumlah kantor yang semakin banyak dan besar membuat kebutuhan akan kebersihan juga meningkat. Bayangkan saja, berapa dana yang dibutuhkan perusahaan untuk membersihkan kantor setiap bulannya.

Mempekerjakan karyawan sebagai cleaning service sekarang bukanlah menjadi pilihan perusahaan. Mereka cenderung akan memilih menggunakan jasa dari pada mempekerjakan karyawan. Bandingkan saja jika sebuah gedung perusahaan paling tidak membutuhkan tiga orang karyawan sebagai cleaning service. Jika UMR karyawan tersebut adalah 2 juta rupiah, maka dalam waktu satu bulan perusahaan harus mengalokasikan untuk menggaji karyawan tersebut sebesar 2 juta rupiah.

Bandingkan saja dengan menggunakan jasa cleaning service yang hanya membutuhkan dana 3-5 juta rupiah. Maka perusahaan akan berhemat untuk pengeluaran ini. Terlebih lagi dengan mempekerjakan karyawan anda akan membutuhkan dana lebih untuk memberikan tunjangan, jaminan kesehatan, uang transportasi, uang makan, dan sebagainya.

Kefektifan ini membuat pilihan untuk menggunakan jasa cleaning service semakin besar. Pada saat inilah kebutuhan jasa cleaning service semakin banyak dibutuhkan. Peluang bagi anda untuk menjalankan bisnis ini mulai dari sekarang.

Bukan hal sulit untuk menjalankan bisnis cleaning service, anda hanya membutuhkan modal berupa tempat, ijin usaha, alat pembersih, transportasi dan pekerja. Anda tidak harus merekrut karyawan berintelektual tinggi. Semua jenjang pendidikan bisa anda berdayakan.

Jika anda mengalami kesulitan dalam hal pendanaan modal, anda bisa memulai dari hal sederhana kemudian barulah menambah perlengkapan kebersihan yang lebih kompleks. Mulailah dengan membeli atau menyewa alat-alat kebersihan yang sederhana dan bisa digunakan dengan baik. Selanjutnya jika anda belum bisa menggaji karyawan secara langsung, anda bisa melakukan kerja sama dengan mereka, berikan bagi hasil yang sepadan dengan kerja keras yang dilakukan.

Untuk mengurus perijinan usaha anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya dengan uang sekitar 1 – 1,5 juta rupiah anda sudah mendapatkan ijin usaha perdagangan. Ijin usaha ini yang kemudian menjadi penguat hukum dalam melakukan kerja sama dengan perusahaan yang akan anda jadikan sebagai klien.

Buatlah rencana dan pelayanan lebih agar bisnis anda mampu bersaing dengan bisnis serupa lain yang telah berjalan. Pelayanan dan kualitas hasil pekerjaan tim anda menjadi sangat diperhatikan oleh para klien. Mintalah testimoni atas kerja dari tim anda yang memuaskan. Serta jangan lupa juga meminta kritik dan saran yang membangun agar kinerja tim anda semakin lebih baik.

Strategi yang perlu anda lakukan dengan memberikan pelayanan yang lebih juga penting untuk dilakukan. Misalkan dengan memberikan bonus vas bunga atau pot beserta bunganya, bonus pengharum ruangan, bonus karpet dan lain sebagainya. Silahkan mencoba dan semoga sukses.