Tips Memulai Bisnis Martabak Telor

martabak telorDewasa ini bisnis kuliner sangat digandrungi banyak orang dan salah satu bisnis kuliner yang banyak peminatnya yaitu bisnis martabak telor. Makanan yang satu ini sangat diminati dari berbagai kalangan baik kalangan menengah keatas maupun kalangan menengah ke bawah. Selain itu bisnis ini bernilai prospek yang cukup inggi.  Untuk memulai bisnis ini Anda dapat melihat cara dibawah ini.

Tempat Usaha

Hampir semua tempat dapat dijadikan lokasi untuk usaha kuliner martabak. Buktinya di berbagai pusat keramaian serta ruas jalan pasti akan ditemukan satu atau dua usaha kuliner martabak ini. Untuk mendapatkan tempat yang strategis, Anda meski melakukan survei terlebih dulu. Biasanya usaha kuliner martabak berada di pasar, kawasan perkantoran, sekitar peerumahan, tempat wisata, di mal ataupun pusat perbelanjaan.

Perlengkapan Usaha

Perlengkapan usaha standar yang meski Anda dimiliki ketika ingin membuka usaha kuliner martabak atara lain gerobak untuk yang berjualan kaki lima ataupun etalase untuk yang berjualan di kios, peralatan masak seperti kompor, tabung gas, wajan datar, spatula untuk menggoreng martabak telur, saringan minyak, serta loyang. Sedangkan perlengkapan lainnya yaitu aneka wadah plastik untuk menyimpan adonan kulit, isi, parutan, isi, serta kertas roti serta boks makanan.

Karyawan

Usaha kuliner martabak bisa dijalankan sendiri atau bisa juga dibantu karyawan. Tapi jika tidak ahli meracik martabak, Anda dapat memercayakan semua proses produksi kepada karyawan Anda. Tetapi semua kegiatan usaha tetap berada di bawah pengawasan Anda. Karyawan ini dapat Anda bayar perbulan dengan kisaran gaji sebesar Rp 800.000 hingga Rp 1.000.000.

Promosi
Diawal usaha Anda dapat melakukan promosi yang standar. Contohnya dengan cara memasang spanduk, tidak hanya ditempat usaha Anda, tetapi juga dibeberapa lokasi strategis didekat tempat usaha Anda. Dan untuk menarik lebih banyak pembeli Anda dapat menyebarkan leaflet di mall, pasar, serta perumahan di dekat tempat usaha.

Harga Martabak

Khusus martabak telur harganya sangat tergantung pada ukuran serta isinya. Kisarannya yaitu antara Rp 6.000  hingga Rp 10.000. Harga martabak telur bisa lebih tinggi lagi jika isinya menggunakan bahan – bahan khusus, seperti daging ayam, telur, daging sapi, atau daging plus keju. Kisaran harga bisa mencapai Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Sedangkan untuk martabak manis bisa di jual Rp 12.000 hingga 20.000, tergantung dari jumlah isian yang digunakan.

Resiko Usaha

Pesaing adalah resiko yang paling sering dihadapi dalam usaha martabak ini. Apalagi akhir – akhir ini semakin banyak orang yang mendirikan usaha martabak dengan sistem waralaba. Oleh sebab itu ketika Anda melakukan survei lokasi usaha, carilah tempat yang belum banyak penjual martabaknya atau yang paling bagus pilihlah tempat yang belum ada penjual martabaknya. Kalaupun sudah ada usaha martabak disana, sebaiknya pilih lokasi yang letaknya tidak terlalu berdekatan.

Contoh Resep

Martabak telur Bahan:  

Bahan – bahan untuk kulit:

  1. 260 gr tepung terigu
  2. ½ sdt garam
  3. 100 ml air
  4. 2 butir telur ayam
  5. ½ sdt margarin

Bahan – bahan untuk isi:

  1. 3 butir telur (bebek ataupun ayam)
  2. 2 siung bawang putih (dicincang halus)
  3. 5 batang daun bawang (diiris halus)
  4. 2 sdt garam
  5. 80 gr daging sapi cincang (disangrai hingga kering)
  6. 1½ sdt merica bubuk

 Cara Membuat:

  1. Kulit: campur  semua bahan lalu aduk hingga kalis. Bagi adonan menjadi 12 bagian kemudian bulatkan dan lumuri sedikit minyak sayur agar tidak kering. Lalu diamkan selama 1 jam
  2. Isi: Kocok telur lalu tambahkan bahan lainnya, kocok agar rata
  3. Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Ambil 1 bagian adonan gilas atau ratakan hingga tipis, bentangkan diatas wajan berisi minyak.
  4. Tuangkan isi ditengahnya kemudian lipat berbentuk amplop terus masak hingga kedua sisinya berwarna kuning kecokelatan dan kering.
  5. Kemudian angkat, potong – potong, sajikan

Semoga artikel tips memulai bisnis martabak telor tersebut dapat menginspirasi Anda. Semoga sukses.