Hal Terpenting Saat Membuka Bisnis Rental Mobil

bisnis rental mobiTIPSWIRAUSAHA.COM – Kebutuhan akan transportasi semakin tinggi. Terlebih untuk kalangan menengah ke atas yang terbiasa menggunakan mobil ketika berada di kota lain mereka akan cenderung mencari mobil sewaan. Hal ini menjadi salah satu penyebab di kota-kota besar bisnis rental mobil berkembang begitu pesat.

Jika anda salah satu orang yang berminat untuk menggeluti bisnis ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bisnis ini berbeda dengan bisnis yang lain dan memiliki karakteristik umum yang harus anda pahami sejak dini.

Berikut ini tipswirausaha.com akan menguraikan hal yang perlu diketahui saat membuka bisnis rental mobil.

Tentukan lokasi yang tepat

Sebelum anda memulai bisnis rental mobil, penting untuk menentukan lokasi strategis di kota anda. Jika target pasar anda adalah orang-orang di suatu kota, usahakan carilah lokasi yang mudah dijangkau agar calon pelanggan dengan mudah menemukan lokasi kantor rental anda.

Bekerja sama dengan pemilik mobil atau rental lain

Apabila anda tidak memiliki dana cukup untuk pengadaan mobil dalam jumlah tertentu, buatlah kerja sama dengan berbagai pihak. Misalkan anda menerima mobil yang akan direntalkan oleh pemiliknya dengan syarat dan ketentuan. Bisa juga anda mengadakan kerja sama dengan rental lain agar memiliki stok mobil banyak. Tentunya dengan imbal bagi hasil yang telah ditentukan sebelumnya.

Kurangi peluang terjadinya resiko hilang atau kecelakaan

Bisnis rental mobil merupakan salah satu bisnis yang memiliki resiko tinggi. Resiko kehilangan mobil oleh pelanggan yang nakal atau resiko kecelakaan yang kapanpun bisa terjadi. Untuk menghindari itu semua, anda bisa menyiapkan beberapa hal.

Salah satu cara untuk menghindari mobil hilang atau kecelakaan, asuransikanlah mobil anda. Selanjutnya pasang GPS pada mobil yang anda rentalkan agar anda bisa memantau posisi mobil pada saat direntalkan kapanpun dan dimanapun.

Carilah pelangan tetap

Pelanggan merupakan target penting yang harus anda fokuskan. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang stabil dalam jumlah yang banyak, carilah pelanggan tetap. Lebih bagus jika pelanggan itu adalah perusahaan. Jika perlu lakukan kerja sama dengan perusahaan yang seringkali melakukan perjalanan dinas dan menyewa mobil.

Beriklan target pasar yang tepat

Target pelanggan untuk bisnis rental mobil adalah kalangan menengah ke atas atau kalangan anak muda yang sering melakukan perjalanan bersama. Buatlah promo agar mereka tertarik mencoba layanan anda.  Pasanglah iklan di berbagai tempat yang strategis di sekitar lokasi anda, jika perlu pasanglah di koran lokal atau media lokal yang dapat menjangkau calon konsumen anda.

Saat ini sudah banyak pengusaha rental mobil yang menguasai pasar, jika anda ingin mendapatkan pelanggan anda lakukanlah inovasi dan pelayanan lebih agar calon pelanggan lebih memilih anda dibandingkan dengan pesaing anda. Tetap fokus dan semangat.