Cara Ampuh Dapatkan Investor Untuk Bisnis Anda

Cara Ampuh Dapatkan Investor Untuk Bisnis AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Salah satu kendala dalam memulai usaha oleh para pemula adalah permodalan. Modal sangat penting untuk membeli bahan baku, menyiapkan tempat dan peralatan, melakukan pemasaran dan sebagainya. Namun bagaimana jadinya jika tidak memiliki modal yang cukup.  Salah satu jalan terbaik selain mencari pinjaman adalah mencari investor.

Investor adalah orang atau badan yang memiliki modal dan mempercayakan modalnya kepada anda untuk dikelola. Baik mereka secara langsung akan berpengaruh terhadap usaha anda maupun tidak.

Untuk memperoleh investor bukanlah hal yang mudah. Anda harus sedikut bersusah payah dan mengetahui berbagai sudut pandang mereka tentang bisnis yang akan anda jalani. Selain itu anda juga harus bisa membuat mereka tertarik untuk menanamkan modalnya pada usaha anda.

Berikut ini berbagai cara ampuh untuk mendapatkan investor yang akan mendanai usaha anda.

Lakukan hubungan saling percaya

Hampir semua investor pasti hanya akan menginvestasikan dananya kepada orang yang mereka percayai. Jika anda baru saja kenal dengan seseorang yang berpeluang menjadi investor, eksekusi dengan baik. Lakukan hubungan agar dia percaya dengan anda. Jangan langsung menawarkan permohonan modal usaha, tapi lakukan hubugan lebih dekat lagi agar anda dipercayai oleh Beliau.

Investor akan lebih percaya kepada seseorang yang memiliki kepribadian baik dan jujur. Sebelum anda menjalin relasi dengan para calon investor, lakukan koreksi diri dengan berlatih untuk jujur setiap waktu dan disiplin dengan apapun yang anda lakukan.

Beritahu pengalaman anda yang cemerlang

Memberikan presentasi sempurna di depan investor adalah hal yang baik. Tapi lebih baik lagi jika anda menceritakan pengalaman anda di depan beliau. Mereka sangat butuh mengetahui track record anda sebagai pengusaha.

Jika anda sama sekali masih pemula dan belum memiliki track record, lakikan yang terbaik dengan perencanaan dan inovasi serta kreativitas bisnis anda. Jika mereka menangkap peluang cemerlang di masa depan maka peluang anda mendapatkan investor terbuka lebar.

Tunjukkan motivasi anda untuk sukses

Motivasi merupakan salah satu penggerak utama seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika anda tidak memiliki motivasi kuat untuk sukses, maka investor pun akan enggan memberikan dananya anda kelola. Tunjukkanlah motivasi anda melakukan bisnis ini. Jika perlu anda bisa menceritakan latar belakang anda dan alasan mengapa anda memilih untuk berbisnis dan melakukan apa yang sedang anda lakukan.

Motivasi tidak bisa hanya ditunjukkan dengan ucapan semata, tetapi anda harus menunjukkan dengan tindakan. Misalkan anda sedang janjian dengan beliau, usahakan datang di awal waktu, dengan demikian anda menunjukkan betapa seriusnya anda membangun relasi ini.

Mencari investor bukanlah satu satunya jalan untuk membuat bisnis anda berputar. Anda bisa melakukan dengan cara apapun, karena pada dasarnya pola dalam bisnis hanya kita sendiri yang membuatnya. Semoga sukses.