6 Kunci Memasarkan Produk Hingga Internasional

Eksport-IndonesiaTIPSWIRAUSAHA.COM –  Perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang dengan pesat sangat membantu para pengusaha. Terutama dalam rangka memperluas target pasarnya. Bahkan usaha sejenis Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah bisa menembus pasar ekspor.

Walaupun saat ini masih banyak pengusaha yang memusatkan pasarnya di sektor domestik, namun di luar itu ada banyak usaha yang sedang gencar mempersiapkan untuk menebus pasar internasional. Mereka hanya memerlukan kepercayaan diri saja dan melakukan berbagai upaya agar produk mereka layak dijual di pasar internasional.

Berikut ini tips bagi anda yang akan mengembangkan sektor bisnis ke pasar internasional.

Memiliki standar kualitas produk

Agar anda bisa tembus pasar internasional sangat diperlukan standar kualitas produk. Anda harus bisa memberikan standar pada produk anda sendiri. Standar dilakukan dengan pembuatan SOP yang disesuaikan dengan penetapan kualitas produk.

Seringkali produk dengan kualitas khusus akan diterima pasar dengan lebih baik. Terlebih jika produk tersebut memiliki nilai inovasi dan nilai jual yang tinggi. Nilai lebih dari suatu produk ini yang akan membuatnya menonjol dan mampu bersaing dengan produk lain.

Melakukan riset terhadap kebutuhan pasar

Melakukan inovasi pada produk tidaklah sembarangan. Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Untuk itu riset kebutuhan pasar sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan membuat inovasi yang anda lakukan mampu menembus pasar dengan baik.

Gunakan metode pemasaran yang lebih inovatif

Pasar yang lebih luas akan semakin membuka peluang anda untuk sukses dengan produk tersebut. Namunanda harus melakukan inovasi pada metode pemasaran dengan baik. Metode pemasaran yang saat ini sedang ramai dilakukan adalah dengan cara online. Cara ini dirasa mampu menguasai pasar dari seluruh penjuru dunia.

Pahami regulasi ekspor impor

Agar anda bisa menembus pasar luar negeri dengan baik, anda wajib memahami regulasi ini. Regulasi ekspor impor memang sedikit sulit, namun mau tidak mau anda harus menguasainya.

Sebelum mengekspor produk ke suatu negara, anda harus memahami betul apakah produk tersebut diperbolehkan masuk ke negara tujuan, berapa lama akan sampai sana, bagaimana pengurusan LC, Bill of Landing dan sebagainya.

Pasoklah produk dengan konsisten

Konsistensi memasok produk sangat penting agar anda tidak kehilangan pelanggan. Saat ini di Indonesia salah satu kelemahannya adalah pada segi pemodalan dan produksi. Mayoritas pasar internasional membutuhkan produk dalam jumlah banyak dan dipasok secara konsisten.

Jika anda sedang menuju arah ini, jangan lupa untuk segera mencari investor yang dapat membantu pembiayaan bisnis anda. Bisa dilakukan dengan menggandeng lembaga keuangan atau perorangan yang kompeten.

Menjaga kepercayaan konsumen

Bersaing di pasar internasional merupakan pekerjaan keras yang benar-benar akan memeras pikiran dan tenaga anda. Jika anda ingin terus bisa berkarya di pasar internasional jangan pernah lupakan pelayanan terbaik. Pelayanan ini akan menentukan loyalitas dan kepercayaan konsumen. Jaga baik-baik kepercayaannya agar bisnis anda tetap berputar dengan baik.