Kunci Menjalin Kerja Sama Saling Menguntungkan Dalam Bisnis

kerja sama dalam bisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Menjalankan bisnis pasti membutuhkan rekanan atau partner yang akan membuat bisnis anda semakin melejit dengan cepat. Kerja sama bisa dilakukan dengan perorangan atau kerja sama dengan bisnis lain. Namun terkadang kerja sama yang dilakukan bukan membuat bisnis anda semakin baik, namun justru sebaliknya. Kerja sama bisnis yang dijalankan dengan buruk bisa berakhir berantakan dan membuat bisnis anda merugi.

Sebelum anda memulai kerja sama, sebaiknya pikirkan dengan matang untung dan rugi yang akan didapatkan. Berikut ini kunci cara menjalin kerja sama saling menguntungkan dalam bisnis anda.

Tetapkan pihak yang akan bekerja sama

Setiap bisnis pasti membutuhkan peran dari bisnis lain atau individu lain yang berkualitas. Sebelum anda memilih pihak yang akan dijadikan rekan kerja atau rekan bisnis dalam badan usaha. Pastikan bahwa bukan karena hubungan kekerabatan atau hanya karena kenal saja dan bukan berlandaskan karena kompetensi yang dimiliki.

Apabila anda tidak memperhatikan kompetensi yang dimiliki calon rekan anda, maka pekerjaan yang dia lakukan belum tentu terbaik. Pilihlah mitra bisnis yang paling baik dan berkualitas di bidangnya. Pastinya harus dapat dipercaya.

Tentukan tujuan bersama yang akan dicapai

Setelah anda menemukan partner bisnis, kemudian dilanjutkan dengan menetapkan tujuan bersama yang akan dicapai. Melalui ini anda akan menemukan langkah yang paling tepat untuk menjalankan bisnis. Sehingga anda dan partner bisnis anda bisa menjalanakan pekerjaanya sebagaimana yang dibutuhkan.

Tentukan hak dan kewajiban masing-masing pihak

Perumusan kerja sama dalam bisnis memerlukan ketrampilan dan ketelitian tersendiri. Anda harus mencantumkan dan menyamakan pandangan mengenai hak dan kewajiban yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Jangan sampai tanpa  hak dan kewajiban yang jelas, alur kerja sama menjadi tidak jelas dan tujuan akhir tidak dapat tercapai.

Lengkapi kekurangan dalam bekerja sama

Selama perjalanan kerja sama pasti akan ada kekurangan yang harus dilengkapi bersam. Kekurangan ini menjadi kewajiban kedua belah pihak memperbaiki. Kekurangan bisa terjadi karena kesalahpahaman atau kinerja yang kurang dari salah satu pihak. Tugas anda selanjutnya adalah memperbaiki kekurangan tersebut dan belajar dari kesalahan yang pernah terjadi. Sehingga bisnis anda akan semakin baik.

Buatlah surat perjanjian yang legal di mata hukum

Surat perjanjian sangat penting untuk menguraikan segala hal yang berkaitan dalam kemitraan bisnis. Anda harus mencantumkan kapan waktu kerja sama itu berlaku, siapa saja yang terlibat dalam perjanjian itu, tujuan apa yang akan tercapai, hak dan kewajiban yang dimiliki oleh kedua belah pihak dan sebagainya.

Perjanjian kerja sama harus disahkan minimal dengan adanya materai tempel pada saat tanda tangan. Bahkanjika perlu anda membutuhkan saksi sebagai kunci keabsahan dalam hukum jika suatu ketika nanti terjadi perselisihan antar kedua belah pihak.