Membuka Bisnis Kafe Dengan Modal Terbatas

bisni cafeTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis cafe merupakan salah satu bisnis yang saat ini sedang digandrungi anak muda. Namun kebanyakan dilakukan dengan cara coba-coba dan akhirnya memberikan hasil yang buruk. Terlebih lagi dengan modal memulai bisnis cafe yang relatif besar tidak bisa diimbagi oleh para pengusaha muda ini.

Namun bagi anda yang ingin membuka bisnis cafe dan tidak memiliki modal yang cukup besar, caranya adalah dengan kreativitas. Anda harus kreatif memulai dari apa yang bisa anda mulai.

Kerja sama dengan pemilik modal

Apabila anda memiliki ide kreatif membuka cafe namun minim pendanaan. Cobalah untuk mencari investor dan kerja sama dengannya. Tawarkan bagi hasil yang menguntungkan, sehingga mereka menanamkan modalnya di anda.

Selanjutnya anda harus mengembangkan bisnis dan menyisihkan keuntungan untuk usaha lain atau investasi di bidang lain. Sehingga pendapatan anda akan stabil bertambah.

Gunakan lahan yang ada

Beruntung jika anda memiliki lapak atau lahan berjualan. Untuk membuka cafe diperlukan lokasi yang strategis dan tempat yang ramai. Jika anda memilikinya tapi tidak ramai, tetap gunakan lahan yang sudah ada. Hal ini dilakukan agar anda tidak perlu lagi menambah biaya sewa atau pembelian bangunan.

Fokus pada kualitas menu

Menu merupakan salah satu hal terpenting yang ada di sebuah cafe. Tanpa menu yang menarik anda tidak akan mendapatkan pelanggan setia. Gunakanlah menu yang berkualitas sesuai dengan selera target pelanggan. Jika perlu anda menciptakan menu sendiri yang berbeda dengan cafe lainnya.

Gunakan fasilitas yang sederhana

Para pemula bisnis cafe terkadang mengeluarkan banyak modal untuk hal-hal yang sebenarnya belum diperlukan. Jika cash flow belum jalan dengan sempurna, hindari membeli barang-barang sekunder yang bisa digantikan dengan barang lain. Misalnya anda menggunakan meja kursi sederhana, membuat lesehan, menggunakan alat musik sederhana dan sebagainya.

Apabila fasilitas tersebut ditata dengan baik, serta dilakukan dengan seni dan keindahan, maka pelanggan pun akan merasa nyaman. Tanpa harus menggunakan fasilitas yang mahal-mahal. Perhatikan juga skala prioritas barang yang akan anda beli.

Hemat dalam strategi marketing

Seringkali penyerapan modal yang cukup besar pada pemasaran. Pemasaran yang baik memang akan membuat toko anda ramai dan kedatangan banyak pengunjung. Namun anda harus mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan. Lebih baik gunakanlah strategi marketing sederhana saja yang penting fokus terarah pada calon pelanggan anda.

Membuka bisnis cafe tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Jika anda membukanya dengan modal terbatas ataupun tidak, anda akan dihadapkan dengan kompetitor. Untuk menyiasatinya anda harus melakukan deferensiasi agar bisnis anda unik dan memiliki kelebihan di mata calon pelanggan anda.

Mulailah dengan membuat menu yang anda bisa, kemudian belajar meracik menu lain. Anda akan terus belajar segala hal yang akan membangun bisnis anda semakin kuat dan beromset milyaran.