Usaha Kue Lebaran Sangat Menjanjikan

peluan gbisnis jelang lebaranTIPSWIRAUSAHA.COM – Peluang usaha terkadang datang dari manapun dan kapanpun. Anda harus jeli melihat peluang yang ada di masyarakat. Peluang terkadang datang dari adanya kebutuhan manusia yang meningkat atau permintaan dari banyak pihak.

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis  yang berhubungan dengan bulan suci Ramadhan dan lebaran. Hal pertama yang menjadi komoditas lebaran selain baju adalah kue. Anda bisa memanfaatkan peluang kue lebaran ini sejak saat ini.

Peluang kue lebaran sangat menjanjikan, mengingat masyarakat Indonesia yang akan berbelanja banyak menjelang lebaran. Terutama kue, pada saat puasa pun, sudah banyak kue yang diincar.

Buatlah kue yang lezat

Hal terpenting agar konsumen membeli kue lebaran anda adalah karena rasanya yang lezat. Jika anda meracik bumbu dengan baik, dan menghasilkan rasa yang lezat, pasti konsumen akan beralih ke anda. Bahkan bisa jadi anda menjualnya dengan harga yang jauh dari harga pasaran pada umumnya.

Namun jika anda tidak bisa membuat kue, jangan kuatir. Anda bisa membayar koki sewaan atau bekerja sama dengan saudara atau teman anda yang bisa memasak. Buatlah bagi hasil yang menjanjikan.

Jaringan pemasaran yang baik

Apabila kue anda sudah enak, hal kedua yang perlu anda lakukan seperti dilakukan pada kue kering rumahan adalah melakukan pemasaran. Pemasaran sangat penting agar kue lebaran anda dikenal oleh calon konsumen. Anda bisa melakukan pemasaran pada orang-orang terdekat anda seperti saudara atau teman. Kemudian bisa pula dengan media online.

Siapkan permodalan

Permodalan cukup penting agar anda bisa menjalankan bisnis dengan baik. Apabila anda tidak memiliki modal cukup, carilah investor. Buatlah perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan. Selanjutnya anda memaparkan strategi bisnis yang akan dijalankan.

Bisnis jenis ini merupakan salah satu yang sering dilirik investor karena jangka waktu yang pendek. Selain itu juga potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan bisnis lain.

Harga bersaing

Selain anda, dipastikan bahwa masih banyak orang lain yang menjual produk kue lebaran. Selain deferensiasi dan rasa yang lebih lezat, anda harus memperhatikan harga dan kualitas. Jangan sampai anda menjual kue dengan kualitas sedang dengan harga tinggi. Begitu pula sebaliknya.

Jika perlu lakukan survey pasar untuk menentukan harga paling ideal untuk kue buatan anda. Mintalah testimoni dari orang yang telah membelinya. Testimoni sangat penting untuk membuat calon konsumen percaya bahwa kue anda lezat.

Pekerjakan ibu rumah tangga atau tetangga sekitar

Apabila anda belum bisa membayar karyawan dengan gaji full. Bayarlah orang-orang yang menganggur di sekitar anda untuk memasak dan menyiapkan kue. Tetangga dan ibu rumah tangga yang membuat seringkali menjadi buah bibir panjang dan sangat baik untuk pemasaran produk anda.