Hal Kecil Yang Harus Anda Lakukan Saat Menjalankan Toko Online

tempat-belanjaTIPSWIRAUSAHA.COM – Menjalankan toko online bukan hal yang mudah. Anda harus rutin melakukan promosi dan iklan di berbagai tempat agar banyak orang membeli produk anda. Tapi agar pembeli itu kembali lagi ke anda dan membelinya lagi, anda harus melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan membuat good customer satisfaction.

Kepuasan pelanggan adalah nomor pertama saat anda berbisnis jual beli atau bisnis apapun. Bisnis online memberikan banyak pilihan kepada konsumen untuk mencoba berbagai toko online terbaik. Namun mereka akan cenderung memilih toko online yang memberikan pelayanan maksimal dan terbaik.

Hal-hal kecil seperti ucapan selamat atau menawarkan produk tertentu yang relevan terkadang memberikan dampak besar terhadap penjualan anda. Mereka tidak hanya melihat dari kualitas produk, tetapi juga ada rasa humanisme yang tersampaikan dari anda. Meskipun hanya dilakukan beberapa menit saja, hal ini bisa menjadi kenangan positif bagi konsumen dan mendongkrak penjualan anda.

Berikut ini berbagai hal kecil yang bisa anda lakukan saat mengelola toko online agar mendongkrak penjualan.

Berikan ucapan terima kasih saat konsumen membelinya

Ucapan terima kasih kepada konsumen bisa disampaikan melalui pesan bbm, email, atau pun sms. Meskipun terlihat sepele, namun ucapan ini bisa memberikan rasa nyaman bagi konsumen. Harapannya mereka akan kembali lagi membeli produk anda.

Tawarkan pengiriman gratis

Pemberian tawaran gratis biaya kirim bisa anda berikan bagi konsumen yang membeli barang dalam jumlah banyak. Misalnya mereka membeli barang dalam jumlah tertentu, berikan diskon atau bahkan bebas biaya kirim ke seluruh lokasi di Indonesia. Respon seperti ini yang akan membuat konsumen betah berbelanja di tempat anda.

Berikan sapaan menarik bagi pelanggan rutin

Bagi penjual online yang sering menyapa konsumennya baik melalui grup maupun melalui pesan ke semua, lebih baik berilah sapaan khusus. Sapaan khusus ini yang akan melekat terus dalam benak mereka. Sehingga di kemudian hari, kemungkinan untuk mengingat anda dan membeli di tempat anda semakin besar.

Sering-seringlah menyapa pelanggan anda, tapi jangan terlalu sering. Buatlah kalimat sapaan paling tidak sehari sekali. Terlalu sering menyapa konsumen membuat mereka jenuh dan justru akan menjauh dari anda. Sapaan menarik ini akan menjadikan konsumen merasa dihargai dan dispesialkan.

Tambahkan nomor telepon di website anda

Nomor telepon sangat penting dicantumkan diwebsite, meskipun saat ini banyak yang tidak mencantumkannya karena mereka lebih senang menggunakan fitur di website dan menggunakan email. Nomor telepon jelas membuat konsumen bisa langsung bercakap dengan anda. Percakapan inilah yang membuat mereka lebih percaya. Sekaligus ketika sedang ada kerusakan produk atau masalah lain, akan terselesaikan lebih cepat.