Strategi Menjalankan Usaha Sampingan Sembari Bekerja

bisnis sampinganTIPSWIRAUSAHA.COM – Menjalankan bisnis tidak harus mengerahkan seluruh waktu yang anda miliki untuk melakukannya. Sembari bekerja pun anda bisa memulai bisnis. Mulailah dari hal yang kecil yang bisa anda lakukan.

Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kegemaran anda, bisa mencoba bisnis online atau menjadi reseller suatu produk. Berbagai pilihan bisa anda jalani untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Seringkali menjalankan bisnis sampingan dilakukan karena hasil yang diperoleh kurang cukup untuk kebutuhan rumah tangga atau karena yang lain. Bisa pula dilakukan karena hanya ingin menambah penghasilan saja.

Berikut ini strategi yang bisa anda ambil untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis sampingan.

Jalankan bisnis yang tidak mengikat waktu

Menjalankan bisnis sembari menjadi karyawan bukanlah hal yang mudah. Anda harus mampu mengatur waktu dengan baik, di rumah maupun di tempat kerja. Jangan sampai waktu anda tersita untuk usaha sampingan sementara pekerjaan utama bisa terganggu.

Lakukanlah bisnis yang tidak terikat waktu, anda bisa membuka jasa alih bahasa, jasa kepenulisan, atau usaha yang lain yang bisa dikerjakan dimanapun dan kapan pun.

Pilihlah bisnis sesuai keahlian atau passion 

Setiap bisnis yang dijalankan sesuai passion dan keahlian anda pasti akan lebih enak dilakukan. Hal ini akan membuat anda tidak merasa menjadi beban yang sulit untuk dilakukan. Misalkan anda suka memperbaiki laptop atau instal laptop, bukalah jasa instal laptop, misalnya anda suka memasak anda bisa membuka jasa les masak dan lain sebagainya.

Kembangkan bisnis dan kumpulkan modal

Ingatlah bahwa tidak selamanya anda menjalankan bisnis sampingan itu, ada kalanya bisnis yang sedang anda jalani saat ini berkembang menjadi besar. Bersiaplah akan peningkatan bisnis. Jangan sesekali menggunakan seluruh hasil bisnis anda untuk keperluan konsumtif saja, hal ini akan membuat bisnis anda tidak berkembang. Kumpulkan hasilnya dan gunakan untuk mengembangkan bisnis anda.

Suatu saat nanti anda akan beralih penuh pada bisnis yang lebih menjanjikan dari pada anda bekerja sebagai karyawan. Temukan life maping terbaik yang bisa anda lalui untuk menggapai kesuksesan dalam hidup.

Jika anda punya modal, rekrut orang kepercayaan

Memiliki insting bisnis terkadang membuat kita berdebar-debar. Ada kalanya anda akan membuka beberapa usaha sekaligus. Sehingga anda akan kewalahan menjalankannya, meskipun hanya bisnis sampingan. Strateginya, jika anda memiliki modal, carilah orang kepercayaan yang loyal pada anda. Buatlah sistem  bagi hasil atau anda berikan upah sesuai pekerjaannya. Cara ini akan membuat beban kerja anda berkurang.

Promosikan usaha anda di lingkungan kerja

Memasarkan bisnis anda merupakan strategi tepat untuk mencari pelanggan. Jika anda sedang menjadi karyawan, gunakanlah relasi untuk mendapatkan keuntungan lebih. Misalkan, anda adalah karyawan pabrik dengan ribuan jumlah karyawan. Anda bisa berjualan pernak pernik di depan pintu masuk pabrik atau perlengkapan karyawan yang lain.

Satu hal yang paling dibutuhkan saat anda membuka bisnis apapun adalah mental. Anda harus memiliki mental yang kuat, tahan malu dan tidak mudah menyerah. Semoga berhasil.