Tips Mengatasi Konsumen Yang Komplain

Tips Mengatasi Konsumen Yang KomplainTIPSWIRAUSAHA.COM – Menjalankan bisnis pasti ada banyak sekali rintangan dan tantangan yang harus di hadapi. Salah satunya adalah konsumen yang tidak puas atas pelayanan yang diberikan. Ada dua kemungkinan yang dia lakukan, pertama dia akan komplain pada kita atau menceritakan pada temannya.

Jika dia komplain pada kita, justru itu lebih baik dibandingkan jika dia menceritakan pada orang lain. Tidak selamanya komplain yang konsumen berikan adalah buruk, ada kalanya komplain itu justru membangun dan membuat kita lebih baik lagi dalam mengelola bisnis.

Namun, sebagai pembisnis handal anda harus memiliki strategi jitu untuk mengatasi pelanggan yang komplain. Di lain sisi agar pelanggan itu terpuaskan, di sisi lain agar permasalahan tidak muncul kembali pada pelanggan yang lain.

Berikut ini berbagai tips yang harus anda lakukan untuk mengatasi komplain dari pelanggan anda.

Dengarkan isi hati dan keluhan mereka dengan baik

Setiap komplain yang dilontarkan pasti hanya ada satu hal yaitu dia ingin didengarkan.  Jika itu benar adanya, dengarkan dahulu semua yang ingin dia katakan dan jangan sesekali menyela omongannya. Meskipun kadang menggunakan kata yang menyinggung, anda harus tetap sabar dan lapang dada.

Mintalah keterangan apa yang mereka inginkan

Kemudian setelah pelanggan mengutarakan semua keluhan yang dirasakan, tanyakanlah secara halus hal apa yang sebenarnya dia inginkan. Hal ini akan sangat membantu anda untuk memberikan pelayanan kepada konsumen, apakah dia membutuhkan sesuatu yang lain atau hal yang mungkin terkadang kita belum tahu.

Penuhi permintaan mereka

Setelah anda mengetahui permasalahan dan keinginan pelanggan, segeralah penuhi keinginannya. Namun jelas anda harus mengingat juga untung rugi yang akan terjadi jika diberikan dan tidak diberikan. Jika kesalahan memang berada pada pihak anda, segeralah meminta maaf dan berikan ganti rugi yang setara.

Selesaikan dengan baik

Menyelesaikan komplain bukanlah hal yang gampang, anda harus berani melakukan sesuatu yang lebih agar pelanggan tidak kecewa. Seringkali kekecewaan muncul pada pelanggan karena mereka sama sekali merasa tidak puas. Hasilnya pelanggan itu enggan untuk menggunakan jasa anda lagi.

Tugas anda sebagai pengusaha handal adalah menyelesaikan komplain tersebut dengan baik. Caranya, berikan beberapa nilai tambah bagi atau memberikan voucher discount untuk menghibur hatinya. Tatkala dia mendapat kesenangan yang lebih besar dari kesedihannya, maka dia akan mudah lupa dengan kesedihan atau kekecewaan itu.

Perbaiki kesalahan dalam bisnis 

Komplain biasanya muncul karena kesalahan sistem atau manajerial bisnis anda. Perhatikan kesalahan yang timbul tersebut dan segeralah atasi dengan tepat tanpa menimbulkan masalah yang lainnya. Pengusaha handal harus bisa memperbaiki kesalahan di dalam usahanya secara tepat dan solutif. Pastikan bahwa kesalahan seperti itu tidak akan pernah terjadi lagi.