Strategi Jitu Menjalankan Waralaba Cepat Balik Modal

Strategi Jitu Menjalankan Waralaba Cepat Balik ModalTIPSWIRAUSAHA.COM – Berbisnis franchise atau waralaba merupakan bisnis paling mudah dijalankan. Namun memerlukan modal yang tidak sedikit untuk membeli royalti, perlengkapan, brand dan sistem yang sudah berjalan. Seringkali bisnis ini diminati oleh orang yang memiliki dana tapi tidak memiliki waktu luang untuk mengelolanya.

Ingat bahwa tidak semua bisnis waralaba menguntungkan, kadang ada yang gulung tikar dan banyak pula yang sukses. Meskipun sudah memiliki sistem yang berjalan lancar, bisa jadi sistem tersebut tidak cocok diterapkan pada lokasi usaha anda. Anda tetap harus terus memantau perkembangan pasar dan membidik tepat pada poin strategis anda.

Bisnis yang terbilang membutuhkan modal tidak sedikit ini tentunya menjadi perhitungan tersendiri bagi anda untuk menjalankannya. Tentunya target paling dekat adalah mendapatkan modal anda kembali atau balik modal. Dalam dunia bisnis dikenal dengan istilah Break Event Point.

Berikut ini berbagai strategi jitu yang bisa anda lakukan agar bisnis waralaba anda dapat segera balik modal.

Pilih lokasi strategis

Lokasi yang tepat dapat membuat bisnis anda berkembang dengan pesat. Sistem managerial yang bagus serta brand yang bagus sangat mendukung jika dihadapkan dengan lokasi yang strategis. Jangan tanggung-tanggung untuk memilih lokasi, ambil saja yang paling strategis menurut anda. Namun harus tetap ada perhitungan biaya anda cukup atau tidak agar bisa kembali modal.

Penentuan lokasi harus disesuaikan dengan potensi pasar yang anda miliki. Misalkan anda melakukan bisnis franchise makanan, pilihlah lokasi orang-orang yang sering jajan atau membil makanana di luar.

Pilih franchise yang minim risiko

Franchise memang tidak memiliki risiko tinggi, meskipun ada beberapa franchise yang membutuhkan suntikan dana yang berisiko hilang atau hangus. Pilihlah bisnis yang minim risiko dan biaya operasional rendah serta memberikan hasil yang banyak. Hal ini akan membuat bisnis waralaba anda cepat balik modal.

Mengambil alih bisnis franchise yang telah berjalan

Sebagai seorang pemilik dana, anda tidak perlu memikirkan brand dan membangun usaha dari awal. Anda bisa dengan mudah membelih hak franchise atau ambil alih kepemilikan bisnis franchise yang sudah berjalan. Hal ini sangat menguntungkan anda, apalagi dengan cash flow yang sudah lancar setip harinya.

Efisiensi biaya

Walaupun sudah ada perencana keuangan sendiri yang menghitung berapa besar keuntungan dan potensi kerugian dari bisnis franchise yang anda beli. Anda harus tetap memperhitungkan efisiensi biaya agar modal awal anda tidak bengkak. Sehingga pengembaliannya pun akan terbilang cepat.

Beli hak utama 

Hak utama franchise yang dimaksud adalah anda sebagai pemilik franchise utama di suatu kota. Jadi semisal ada orang lain yang akan membuka franchise dengan brand yang sama di kota tersebut, harus membayar royalti kepada anda. Hak utama franchise sering menjadi sistem yang akan membuat uang anda terus berkembang.