Tips Agar Hubungan Bisnis Dapat Bertahan Lama

Tips Agar Hubungan Bisnis Dapat Bertahan LamaTIPSWIRAUSAHA.COM – Berbisnis tidak akan mungkin berjalan sendirian. Jika anda sedang menjalankannya, pasti memiliki relasi-relasi penting yang sangat berpengaruh bagi bisnis anda. Entah dia pembisnis, suplyer, investor atau siapapun yang berperan penting pada bisnis anda.

Namun seringkali hubungan dengan personal atau perusahaan lain juga bisa mengalami keretakan. Bisa terjadi salah paham atau perbedaam pandangan yang mengakibatkan hubungan anda terputus dan merugikan bisnis anda. Bisa juga klien yang menggunakan produk anda dalam jumlah yang banyak menjadi salah satu fokus yang harus diprioritaskan dalam menjaga relasi.

Berikut ini berbagai tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga hubungan bisnis agar dapat bertahan lama :

Berikan pelayanan terbaik

Prioritas pelayanan pelanggan harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan pemasukan perusahaan. Ada sebagian pelanggan yang memberikan dampak besar terhadap pemasukan dalam perusahaan, ada pula yang sama sekali tidak memberikan dampak.

Salah satu hal termudah adalah memeberikan pelayanan terbaik. Jika perlu anda bisa memberikan harga khusus atau pelayanan khusus jika dia terus menerus menggunakan jasa atau produk anda.

Selalu menanyakan kabar atau menghubungi secara periodik

Jika seseorang lain adalah bagian penting bagi pemasukan perusahaan, jangan segan untuk terus menjaga komunikasi dan silaturahmi. Anda bisa selalu menanyakan kabar, namun jangan dilakukan setiap hari.

Kadang kala, menanyakan kabar pasti ada motif tersendiri. Buatlah kesan anda tidak sedang basa basi. Misalnya anda bisa menanyakan kabar, kemudian menanyakan hal lain yang sekiranya dia tahu dan anda tidak tahu. Misalkan, tanya lokasi liburan terdekat di kota tempat dia berada dan lain sebagainya.

Berilah kesan positif jika pertama bertemu

Kesan positif tentunya penting agar citra anda terjaga di hadapannya. Apabila dia adalah relasi penting, saat pertama kali melakukan pekerjaan dengannya, jangan terlalu banyak bertanya mendetail. Cukup tanyakan konsep dan garis besarnya saja. Hal ini bisa menjadi salah satu kesan baik yang membuat dia beranggapan bahwa anda adalah profesional.

Mintalah bantuan kecil

Meminta bantuan terkadang juga bisa membantu mempertahankan relasi anda. Tapi mintalah bantuan kecil saja. Misalnya meminta bantuan untuk minta informasi mengenai hal yang anda belum tahu. Misalnya menanyakan lokasi atau menanyakan strategi bisnis yang sedang ramai dan lainnya.

Tawarkan sesuatu dari bisnis anda

Jika dia adalah seorang yang menggunakan banyak produk atau jasa anda. Bahkan jauh lebih banyak dari pada orang lain, berikanlah tawaran menarik. Misalkan anda memberikan tunjangan transportasi untuk bongkar muat, atau biaya kecil lainnya yang masih bisa anda tanggung. Lakukan ini agar mereka terikat secara sosial dan akan loyal kepada anda. Nilai plus tersendiri yang anda tawarkan inilah yang menjadi kunci utama kesetiaan mereka pada anda.