Pentingnya Endorsement Untuk Mensukseskan Bisnis Online

tekniik endorsement dalam bisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Beragam cara dilakukanoleh pelaku bisnis untuk meningkatkan omset dan perkembangan bisnisnya. Dunia bisnis online terutama yang saat ini sedang ramai digeluti oleh banyak pihak. Mereka menggunakanberagam cara mulai dari teknik promosi, teknik SEO, iklan di google dan sosial media dan lain sebagainya.

Seringkali para pelaku bisnis online melupakan satu hal yaitu endorsement. Endorsement merupakan salah satu cara yang bisa anda tempuh untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak dengan dukungan atau support dari pihak lain. Endorsement juga dikenal dengan istilah dukungan atau semacam rekomendasi. Caranya adalah dengan mengendorse atau mendukung tokoh masyarakat. Mereka memberikan barang dagangan dengan cuma-cuma.

Teknik endorsement yang sering dilakukan oleh para pemain bisnis online atau bisnis konvensional diantaranya adalah

Tokoh megupload produk anda 

Anda bisa menggunakan teknik endorsement dengan memberikan produk anda dengan cuma-cuma. Kemudian mintalah dia untuk menguploadnya di sosial media, dan mengetag atau menandai nama bisnis anda. Selanjutnya produk anda akan dikenal dan banyak orang yang akan melirik produk anda, terutama fans dari tokoh tersebut.

Melakukan foto produk bersama tokoh

Brand awareness sangat penting untuk membangun produk anda di kalangan masyarakat. Cara yang paling mudah bisa anda lakukan adalah  dengan mengajak foto bareng tokoh atau artis. Foto bareng ini bisa mengangkat citra produk anda dan orang akan bertanya, produk apakah itu. Selanjutnya lakukan terus peningkatankualitas agar mereka yang mencobanya mendapatkan kepuasan.

Mengangkat brand ambassador bagi suatu brand produk

Brand ambasador merupakan salah satu perwakilankonsumen berupa tokoh atau orang dikenal untuk menjadi icon branding anda. Hal ini sangat berpengaruh terhadap brand awareness anda. Calon konsumen akan teringat produk anda saat melihat tokoh yang menjadi brand ambasador anda. Bisa juga brand ambasador dilakukan pada masyarakat biasa yang banyak menggunakan produk anda agar mereka memperkenalkan pada kerabat dan masyarakat lain di lingkungannya.

Menjalin endorsement dengan komunitas

Selain endorsement terhadap seseorang, anda juga bisa melakukan endorsement dengan komunitas. Hampir mirip seperti pemberian sponsor, tapi ini berlaku lebih spesifik. Anda harus menemukan komunitas yang cocok atau berhubungan dengan produk anda, kemudian lakukan pembagian produk anda secara gratis, pada saat komunitas ini mengadakan kegiatan.

Berikutnya anda harus menekankan agar komunitas ini pro terhadap produk anda. Serta memberikan dukungan kepada masyarakat akan pentingnya menggunakan produk anda ini.

Menjalin endorsement dengan bisnis lain yang lebih besar

Menjalin endorsement juga bisa dilakukan dengan bisnis yang lebih besar. Secara tidak langsung bisnis yang lebih besar ini akan mendukung bisnis anda dari belakang. Selain itu anda juga bisa menumpang brand, namun ini jarang terjadi karena bisnis besar kurang terlalu tertarik dengan program seperti ini.