Hal Terpenting Agar Usaha Ternak Ayam Tetap Menguntungkan

Hal Terpenting Agar Usaha Ternak Ayam Tetap MenguntungkanTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis konvensional juga saat ini masih tidak kalah dengan bisnis modern yang berbasis teknologi dan internet. Meskipun banyak juga bisnis konvensional yang mampu beradaptasi dengan teknologi. Namun penanganan bisnis konvensional dirasa menjadi hal konkret saat menjalankan sebuah usaha.

Bahkan bisnis yang seringkali dikenal dilakukan di daerah “pinggiran” pun bisa menghasilkan banyak keuntungan. Bisnis jenis ini identik dengan sektor perikanan, pertanian dan peternakan. Terlebih jika anda memiliki hobi di bidang ini, pasti sangat menarik untuk melakukannya.

Tipswirausaha saat ini akan membahas tentang salah satunya yakni berbisnis ternak ayam. Ayam jika diternak dengan cara benar dan menggunakan manajemen bisnis yang baik, pasti akan menghasilkan untung yang melimpah. Berikut ini berbagai hal penting agar bisnis ternak ayam anda menguntungkan:

Siapkan lokasi yang tepat

Berbisnis ternak ayam memang harus memiliki lokasi yang tepat. Jangan sampai ayam-ayam anda tidak dikandangi dengan benar dan mengganggu tetangga. Apalagi jika berada di area persawahan, ayam anda bisa berkeliaran di sawah dan memakan padi milik petani.

Jika perlu buatkan tempat khusus berupa kandang ayam yang terbuat dari bambu atau semacamnya. Buatlah dengan ukuran yang disesuaikan dengan dana yang anda miliki.

Berikan pakan teratur

Pakan merupakan asupan penting bagi kesehatan ayam. Salah satu kelemahan dari bisnis ternak ayam adalah banyaknya ayam yang mati karena asupan makanan tidak tepat. Selain itu cara pemberian makan yang tidak benar juga mengakibatkan ayam banyak yang mati karena berdesak-desakan saat mengambil makan.

Berikan anti biotik teratur

Antibiotik berguna untuk mencegah ayam sakit. Daya tahan tubuh ayam pada kondisi lingkungan tertentu kadang membuatnya tidak bisa bertahan lama. Untuk itu perlu adanya vaksin agar dapat membuat ayam lebih tahah dan berstamina.

Rawat kebersihan kandang

Kebersihan kandang terkait dengan kesehatan ayam. Semakin bersih semakin baik. Hal ini dilakukan untuk menghindari bakteri dan bibit penyakit menyerang kesehatan ayam. Bersihkan secara teratur menggunakan air, jika perlu tambahkan cairan anti bakteri pada air yang digunakan untuk membersihkan kandang.

Pisahkan jika ada ayam tidak sehat

Apabila anda mendapati ada ayam yang tidak sehat atau terlalu lemah untuk menjalani hidup. Segeralah ambil pisau dan sembelihlah. Minimal ayam ini dipisahkan dari kandang agar tidak menulari ayam yang lain. Penyakit pada ayam terkadang sangat mudah tertular.

Perlu anda ketahui bahwa berbisnis ayam memang memiliki keuntungan yang banyak, namun ada pula risikonya. Bisa jadi ayam anda terkena penyakit flu burung atau banyak yang mati mendadak karena perubahan suhu yang drastis. Untuk mengatasinya anda harus sering memeriksa kondisi ketahanan tubuh dan kesehatan ayam. Agar mereka dapat bertahan sampai saat anda menjual atau menyembelihnya.