Hal Penting Saat Membuka Bisnis Jasa Jahitan (Taylor)

jahit pakaianTIPSWIRAUSAHA.COM – Pakaian menjadi salah satu kebutuhaan manusia. Kebutuhan primer yang harus dicukupi. Meskipun sudah banyak yang menjual pakaian jadi, tapi jelas masih dibutuhkan jasa jahitan (tailor).

Terkadang ukuran baju yang telah distandarkan dengan ukuran S, M, L, dan XL tidak semuanya pas dengan pengguna. Ada yang terlalu kecil atau terlalu besar. Biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki ukuran tubuh berbeda dengan orang lain. Bisa tubuhnya yang terlalu tinggi, terlalu pendek, terlalu kecil, atau terlalu besar.

Selain itu kebutuhan jasa jahitan juga tetap diperlukan, untuk membuat baju khusus misalnya untuk pernikahan, baju couple atau seragam dalam jumlah sedikit. Peluang bisnis ini tetap terbuka lebar sampai kapanpun juga, tinggal bagaimana anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini untuk mendapatkan untung.

Jika anda ingin membuka bisnis jenis ini, sebaiknya memperhatikan berbagai hal berikut agar mendapatkan untung melimpah. Selain itu bisnis anda akan tetap menjadi pilihan konsumen sampai kapanpun.

Buatlah branding

Branding atau merk suatu bisnis bisa menjadi salah satu identitas yang membuat anda dikenal pelanggan. Meskipun sebagian bisnis mengandalkan siapa orang yang mengerjakan, tetapi branding tetap penting agar orang lebih mudah mengingat anda dan usaha anda.

Mengasah skill menjahit

Skill atau kemampuan menjahit sangat penting untuk dimiliki jika anda ingin membuka bisnis jahitan. Ikutilah berbagai kursus menjahit agar anda semakin mahir dalam menjahit dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Jika perlu ambillah spesifikasi jahitan tertentu yang menjadi kelebihan dari anda. Misalnya anda mahir di menjahit baju tipe jas, maka anda akan dikenal sebagai penjahit ahli pada bidang pembuatan jas.

Berinvestasi perlengkapan jahit

Bisnis jenis ini memang memerlukan modal untuk membeli peralatan menjahit. Banyak sedikitnya modal ditentukan oleh peralatan yang akan anda gunakan. Jika tidak memiliki modal, anda bisa mencari investor untuk mendanai usaha anda. Selanjutnya lakukan strategi bisnis berdasarkan aset yang anda miliki.

Tepat waktu

Salah satu hal yang membuat bisnis jasa jahitan kehilangan pelanggannya adalah karena tidak menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Meskipun sedang banyak pelanggan, anda harus menyelesaikan pekerjaan satu persatu dan tepat waktu. Jika perlu tambahkan karyawan pada saat banyak order datang pada anda.

Pelayanan maksimal

Pemberian layanan harus tetap maksimal dengan cara anda sendiri. Misalnya dengan memberikan kesempatan untuk fitting pakaian yang telah selesai dijahit, apabila tidak pas dengan konsumen, anda harus berani memperbaikinya. Atau bisa juga dengan pemesanan kilat dengan harga khusus. Hal ini akan menjadi nilai jual tersendiri dari bisnis anda.

Spesifik pada satu jenis pakaian

Apabila anda memiliki skill khusus pada bidang tertentu dalam hal menjahit. Ini bisa menjadi salah satu nilai khusus yang bisa diterapkan pada bisnis. Misalnya bisnis anda khusus di bidang pakaian wanita, sehingga anda akan dikenal ahli untuk menangani pakaian wanita.