Rumus Menentukan Gaji Seorang Pengusaha

direksi_meetingTIPSWIRAUSAHA.COM – Setiap pengusaha pasti juga membutuhkan dana untuk kebutuhan pribadinya. Mesikpun dana yang dimiliki seluruhnya dialokasikan untuk pengembangan usaha, namun harus tetap ada penyisihan keuntungan untuk kebutuhan pribadi dan keluarga.

Walaupun setiap pengusaha yang menjalankan bisnisnya sendiri memiliki hak penuh untuk mendapatkan gaji sebesar apapun yang dia miliki. Akan tetapi penting untuk memperhitungkan berapakah gaji yang seharusnya diambil untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apabila gaji yang dibuatnya terlalu banyak, maka roda perusahaan juga akan tersenda, begitu juga dengan sebaliknya. Mengalokasikan seluruh keuntungan untuk pengembangan usaha juga tidak  bisa memenuhi kebutuhan kelaurga.

Sebagai pengusaha yang bijak, harus bisa menggunakan keuntungan secara bijaksana, melakukan perhitungan tepat agar terjaga keseimbangan bisnis dan keharmonisan keluarga. Selain itu saat bisnis anda terus menanjak, anda bisa meningkatkan pendapatan setiap bulannya.

Gaji pengusaha tidak lebih dari 15% dari laba usaha

Meskipun kendali pengelolaan penuh di tangan anda, anda harus bisa mengontrol pengeluaran dan besarnya keuntungan yang akan anda gunakan untuk keperluan pribadi. Sebaiknya sebagai pemilik usaha, anda hanya menggunakan keuntungan tidak boleh lebih dari 15% dari laba usaha anda. Hal ini akan membuat bisnis anda berkesempatan untuk maju dan berkembang menjadi lebih baik.

Sesuaikan gaji yang diterima dengan nilai kelayakan anda

Kinerja anda sebagai andil dalam menjalankan usaha juga bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan gaji yang anda peroleh. Anda bisa melakukan tukar pikiran dengan pelaku usaha pada bidang yang sama agar bisa memperkirakan jumlah yang akan anda pasang sebagai gaji anda sendiri. Semakin besar kinerja yang anda berikan untuk perusahaan, semakin besar pula gaji yang anda tetapkan untuk diri sendiri.

Sesuaikan dengan target margin yang diperoleh

Selain pada kinerja dan prosentase dari keuntungan, anda juga bisa menentukan gaji yang akan anda dapatkan dengan melihat target margin yang anda capai. Misalnya pada bulan ini anda bisa meningkatkan margin pendapatan menjadi meningkat lebih dari 30%, maka anda bisa menambahkan sebesar 30% gaji yang biasa anda dapatkan.

Gaji berdasarkan target bisa membuat anda semakin giat untuk mencapai target agar mendapatkan keuntungan lebih. Namun saat anda tidak mencapai target, harus pula ada konsekuensi yang harus diterima sendiri. Semua tergantung pada komitmen anda dalam menjalankan bisnis.

Menentukan gaji untuk diri sendiri haruslah dilakukan pertimbangan dari berbagai hal. Termasuk dari besarnya gaji yang diterima karyawan anda. Jangan sampai gaji anda terpaut sangat jauh dari nominal gaji yang karyawan anda dapatkan. Hal ini akan membuat iklim dalam perusahaan anda menjadi kurang bagus. Lakukanlah sewajarnya dengan perhitungan yang lebih cermat. Jika perlu lakukan konsultasi dan bertukar pikiran dengan pengusaha lain pada bidang anda.