Tips Memaksimalkan Promosi Internet Dengan Dana Terbatas

berbisnis onlineTIPSWIRAUSAHA.COM – Media internet kini menjadi dunia tak terbatas yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Anda bisa memperkenalkan produk yang dijual dengan pasar yang sangat luas menggunakan internet. Bahkan melebihi cangkupan pasar offline.

Namun terkadang melakukan promosi di internet justru membuang banyak sekali modal kita. Pengeluaran yang terus membengkak, tidak dibarengi dengan pendapatan yang bertambah. Hal ini sering terjadi pada pengusaha pemula yang masih mencoba-coba untuk mempromosikan produknya melalui internet.

Menjalankan bisnis tidak bisa hanya dilakukan dengan coba-coba, anda harus melakukan analisa yang tepat dan perhitungan yang matang agar presisi capaian anda bisa tercapai dengan baik. Bahkan anda perlu melakukan beberapa riset kecil sebelum mengambil keputusan.

Kalangan pemula dalam bisnis internet seringkali melakukan uji coba yang kadang justru memboroskan. Berikut ini berbagai tips bagi anda yang akan melakukan promosi melalui internet dengan dana terbatas :

Tetapkan target dengan jelas

Sebelum anda memasang iklan pada media online tertentu, pastikan target yang dibidik jelas. Jangan sampai terlalu melebar sehingga anda boros energi, waktu dan biaya. Misalnya jika target pasar anda adalah anak muda, pasanglah iklan di media yang mayoritas pembacanya anak muda.

Lakukan promosi pada waktu tertentu

Kadang kala promosi melalui medi online harus mempertimbangkan waktu pemasangan. Meskipun bisa dipasang 24 jam, tapi terpenting adalah anda mengetahui kebiasaan dari calon pembeli. Sehingga mereka akan memperhatikan anda pada waktu-waktu tertentu. Penjualan pun akan naik dan turun berdasarkan perubahan waktu.

Strategi endorsement dengan tokoh penting

Strategi endorsement dilakukan dengan cara memberikan sampel produk anda kepada tokoh atau artis secara gratis dan kemudian dia merekomendasikan kepada calon pembeli. Hal ini terbukti ampuh untuk mengumpulkan massa dan membuat orang lebih percaya akan produk anda.

Kumpulkan testimoni asli

Setiap kali ada konsumen yang menggunakan produk anda, mintailah testimoni. Testimoni ini akan dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap produk anda. Apalagi testimoni yang diberikan oleh orang-orang tertentu yang dikenal masyarakat atau memilik jabatan di masyarakat.

Perhitungkan besarnya modal promosi dengan jumlah keuntungan

Hati-hatilah dan selektif untuk memilih iklan dengan selektif agar anda tidak mengeluarkan uang dengan sia-sia. Pastikan setiap uang yang anda keluarkan untuk promosi mampu mendongkrak penjualan produk anda. Anda bisa membandingkan berapa jumlah biaya yang dikeluarkan pada iklan tertentu dengan hasil yang diperoleh. Bandingkan juga antar penyedia iklan, sehingga anda bisa menemukan media online yang paling efektif.

Manfaatkan sosial media dan iklan gratis

Saat ini banyak sekali sosial media dan iklan yang menawarkan pemasangannya secara gratis. Seperti iklan baris atau iklan gratis yang disiapkan oleh media online baru. Manfaatkan hal itu agar anda bisa mendapatkan untung tanpa harus melakukan pengeluaran dana lebih.