Strategi Memaksimalkan Instagram Untuk Memasarkan Produk

TIPSWIRAUSAHA.COM – Perkembangan teknologi begitu pesatnya sehinga mampu memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia. Mulai dari ilmu pengetahuan hingga dalam dunia bisnis mengalami dampaknya secara luas. Bahkan anda bisa melejitkan keuntungan usaha hanya dari online saja.

Melalui online pun banyak sekali pilihan yang bisa anda coba. Mulai dari sosial media facebook, twitter, google plus, linkedln bahkan saat ini yang sedang booming lagi adalah instagram. Setiap sosial media di internet memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing.

Instagram salah satu sosial media yang paling berpotensi untuk mengembangkan pemasaran bisnis online. Sosial media ini pada awalnya dibuat hanya untuk mengupload foto-foto maupun gambar menarik yang dimiliki oleh penggunanya. Lama kelamaan instagram semakin ramai dan sangat berpotensi untuk pengembangan bisnis.

Foto-foto produk anda sangat memungkinkana jika diupload di instagram, hal ini akan membuat para followers anda melihatnya dan tertarik untuk membeli.

Berikut ini berbagai strategi yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan instagram sebagai media promosi anda.

Follow teman anda sebanyak banyaknya

Cara ini sangat mudah dilakukan untuk menjaring relasi sebanyak mungkin melalui instagram. Kadang kala banyak orang yang sungkan untuk menfollow terlebih dahulu akun kita, salah satu jalan terbaik adalah anda menfollow mereka. Dengan anda menfollow akun orang lain, secara tidak langsung anda memberikan sedikit penghargaan dan simpati kepada mereka.

Seringkali orang yang menerima follow dari kita akan mencari tahu siapa kita dan mereka akan cenderung melihat foto-foto produk yang kita upload. Begitu seterusnya hingga mereka tertarik pada produk kita dan membelinya.

Upload foto terbaik produk anda

Maksimalkan untuk memanfaatkan fasilitas gratis ini untuk mengupload sebanyak-banyaknya foto produk yang dimiliki. Lebih baik melakukan upload foto produk sedikit tetapi kontinyu dari pada banyak tetapi upload kembali dalam waktu lama.

Perhatikan pula kualitas gambar produk yang kita upload. Sebaiknya menggunakan kamera terbaik seperti DSLR dan memperhatikan pencahayaannya. Hindari mengambil gambar menggunakan kamera ponsel, sebagus apapun hasil yang diberikan akan tetap lebih bagus menggunakan kamera profesional.

Semakin bagus foto produk anda semakin baik. Kesan profesional dan serius sangat penting untuk meyakinkan konsumen terhadap produk yang kita jual. Jika memungkinkan tampilkan brand yang anda miliki pada setiap foto, hal ini dilakukan agar saat orang lain menyebarkan ke teman mereka akan mengetahui bahwa sumber produk dari anda.

Tuliskan detail produk

Jangan sampai anda lupa untuk menuliskan spesifikasi dari produk yang dijual. Tuliskan secara lengkap mulai dari harga, ukuran, jenis bahan, dan keterangan lain yang diperlukan. Berikan promo potongan harga pada hari tertentu agar orang cenderung membeli pada hari tertentu itu.

Balas setiap komentar yang masuk

Pastikan anda segera membalas komentar yang ada pada gambar baik komentar yang mendukung atau hanya bertanya sesuatu hal. Berlakulah ramah agar orang nyaman berkomunikasi dengan anda.