Melirik Bisnis Jasa Cuci Motor

Peluang-Usaha-Cuci-Motor-1TIPSWIRAUSAHA.COM – Peluang bisnis akan muncul kapanpun dan dimanapun saat anda mau mencarinya. Bahkan ide bisa muncul dari kondisi di sekitar anda. Misalnya saat anda pergi ke kota lain melihat ada jasa cuci motor motor, kemudian anda pulan dan di tempat anda belum ada jasa tersebut maka bukalah.

Begitu mudahnya mendapatkan inspirasi bisnis bagi anda tentunya adalah sebuah anugerah. Namun hal terpenting adalah eksekusinya, tanpa ada pelaksanaan, percuma saja memiliki ide bisnis. Menunggu memiliki modal atau menunggu ada waktu luang bukanlah keputusan bijak, mulailah segera jika anda memang benar-benar ingin berbisnis.

Bisnis jasa cucu mobil cukup menjanjikan dilakukan hampir dimanapun, karena saat ini jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat setiap harinya. Tanpa ada yang bisa menghentikan laju jumlah kendaraan ini. Terlebih untuk motor roda dua.

Kondisi iklim di Indonesia yang seringkali hujan dan jalanan yang sering rusak sehingga membuat kendaraan cepat kotor adalah alasan terbaik orang untuk mencuci kendaraannya. Saat ini kendaraan bermotor hampir dimiliki oleh setiap orang, peluang ini semakin memperbesar kemungkinan anda sukses dengan bisnis cuci motor.

Bagi anda yang berencana untuk mendirikan usaha jasa cuci motor, alangkah baiknya mengikuti tips berikut ini.

Memilih lokasi strategis

Menjalankan bisnis cuci motor haruslah memiliki lokasi yang strategis. Hal ini akan sangat mendukung agar orang-orang di sekitar mudah menemukan usaha anda dan mudah terjangkau. Lokasi strategis bisa berada di persimpangan atau tempat keramaian atau di lokasi dekat orang-orang duduk santai atau nongkrong.

Menentukan tarif promo dan tarif normal

Penetapan tarif cuci motor sangat penting terutama jika anda memiliki pesaing yang lokasinya tidak jauh dari anda. Selain pelayanan terbaik, promo tarif juga akan menarik pelanggan datang ke anda. Misalnya setelah mencuci 10 gratis 1 kali cuci atau yang lainnya. Bisa juga saat pertama kali buka anda memberikan diskon besar-besaran agar pelanggan mencoba usaha baru anda ini.

Agresif memberikan promosi dan iklan

Promosi dalam setiap usaha jelas sangat penting. Terutama usaha yang berhadapan langung dengan masyarakat atau orang banyak. Lakukanlah promosi dengan menyebarkan brosur atau menempelkan pamflet pada lokasi strategis.

Siapkan modal secukupnya

Modal untuk mendirikan bisnis jasa cuci motor tidaklah banyak. Anda hanya perlu mempersiapkan dana untuk sewa tempat, beli mesin, sabun dan perlengkapan cuci yang lain. Peluang kembali modal sangat mungkin terjadi di waktu yang cukup cepat.

Bagi hasil dengan tukang cuci

Jika anda merasa belum ada pelanggan pasti yang datang setiap hari, anda bisa memberikan sistem gaji dengan cara bagi hasil dengan tukang pencuci motor. Katakanlah 60 persen untuk anda dan sisanya untuk tukang cuci. Hal ini akan memungkinkan anda tidak mengalami kerugian karena jumlah pelanggan yang menurun.