5 Hal Penting Saat Memilih Bisnis Franchise Berkualitas

tips-cerdas-memilih-bisnis-waralabaTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis franchise seolah kini seperti cendawan di musim penghujan. Berbondong-bondong para pembisnis memulai menggerakkan sistem bisnis mereka dan menjualnya dalam bentuk franchise. Memang benar bahwa bisnis jenis ini sangat mungkin untuk berkembang pesat dalam waktu singkat, namun hasilnya persaingan semakin ketat, banyak sekali bermunculan bisnis franchise tanpa ada regulasi yang tepat.

Pada sisi sebaliknya, para investor pun semakin bingung untuk memilih salah satu franchise yang akan dijalaninya. Mengingat begitu banyak jenis franchise yang beredar. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis pendidikan, bisnis ritel hingga bisnis jasa pun bisa dijadikan franchise.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua bisnis franchise dapat berkembang pesat seperti yang dijanjikan oleh pemilik brand. Sangat mungkin bisnis ini juga bisa bangkrut. Banyak sekali faktor yang menentukan, mulai dari pemilihan lokasi yang tidak tepat, selera masyarakat yang berbeda hingga manajemen yang kurang profesional.

Agar anda bisa memilih bisnis franchise yang bagus, sebaiknya jangan gunakan ego atau faktor kekerabatan untuk mengambil franchise. Hanya karena si pemilik brand adalah saudara, maka anda memilih brand nya dia untuk dikembangkan. Sebaiknya anda mempertimbangkan berbagai hal berikut ini :

Kematangan bisnis

Pilihlah bisnis franchise yang telah matang. Menentukan kualitas bisnis bisa dilihat dari berapa lama bisnis ini telah berjalan, berapa keuntungan yang didapatkan dalam satu periode. Bagaimana cara bisnis ini mengatasi masalah dan mendapatkan pelanggan yang potensial. Jangan sampai anda memilih bisnis franchise dengan asal asalan. Anda juga bisa melihat dari berapa banyak gerai yang dibuka oleh brand yang anda pilih.

Kualitas produk

Kualitas produk juga menjadi pertimbangan penting saat memilih bisnis franchise. Pastikan bahwa bisnis yang anda pilih memiliki kualitas produk terbaik. Jangan sampai produk yang diberikan ternyata tidak ada lisensi keaslian, hak cipta dan tanda bukti kualitas yang lain. Pastikan pula produk itu tidak hanya booming pada waktu sesaat saja. Hal ini terkait dengan faktor kelestarian bisnis yang akan difranchise kan.

Kualitas sistem

Sistem sangat penting untuk memastikan bisnis anda dapat bertahan dengan baik. Dengan adanya sistem, anda tidak akan kehabisan energi untuk mengurus hal-hal yang tidak terlalu penting. Agar bisnis franchise yang anda pilih benar-benar berkualitas, pastikan sistem telah berjalan dengan baik. Pertanda dari sistem yang berjalan dengan baik adalah sistem ini bisa mengatasi masalah masalah kecil yang muncul, mengatur operasional dengan baik dan efisien serta memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.

Product knowledge bisa disalurkan

Hal terpenting dalam bisnis franchise adalah product knowledge yang bisa disalurkan kepada orang yang membeli franchise ini yaitu anda. Menggunakan resep-resep tertentu anda bisa mengambil alih bagian dari sistem ini dan anda bisa denganmudah mempelajarinya.

Keuangan transparan

Terakhir, pastikan bahwa keuangan yang diberikan benar-benar transparan. Mulai dari besarnya bagi hasil yang akan anda peroleh hingga dana modal dan operasional yang digunakan.