7 Kunci Sukses Menjadi Reseller Bisnis Online

Successful business woman with arms up - isolated over a white background

TIPSWIRAUSAHA.COM – Perkembangan bisnis online semakin menggila. Memulainya saat ini adalah waktu yang tepat. Sebelum terlambat dan kita hanya menjadi penonton kesuksesan orang lain saja. Mulailah dari apa yang kita bisa lakukan hari ini.

Apabila anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membuat bisnis sendiri dengan stok produk sendiri, anda bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropship. Anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun, hanya perlu kemauan dan tindakan untuk menjalankan bisnis anda.

Perlu anda ketahui bahwa reseller online merupakan seseorang yang mengambil barang dari produsen atau toko online lain dan kemudian menjualnya kembali kepada konsumen lain melalui online. Berikut ini terdapat 6 kunci agar sukses menjadi reseller bisnis online.

Pilihlah produk yang berkualitas

Produk berkualitas merupakan hal yang terpenting saat anda memulai menjadi reseller. Carilah produk berdasarkan kualitasnya. Perkirakan bahwa produk itu akan laku di pasaran. Jangan sampai anda mengambil barang yang berkualitas kurang baik.

Tentukan produsen yang cooperatif

Produsen yang kooperatif dan jujur menjadi kunci penting bagi kesuksesan anda. Buatlah hubungan anda dan produsen semakin erat dengan komunikasi yang efektif dan bisa bisa dihubungi setiap saat.

Buatlah harga anda bersaing secara sehat

Selain anda juga pasti akan ada orang lain yang menjual produk sama seperti yang anda jual. Apabila konsumen mengetahui produk tersebut berasal dari pabrik yang sama, maka mereka pasti akan memilih harga yang lebih murah. Namun anda tidak perlu kuatir, anda bisa mensiasatinya dengan memberikan layanan lebih seperti gratis ongkos kirim dan lainnya.

Buatlah kerja sama dengan bisnis lain

Salah satu cara agar bisnis reseller anda mampu bertahan dengan berbagai kondisi adalah melakukan kontrak kerja sama dengan bisnis lain. Hal ini akan membuat keuangan bisnis anda lebih stabil. Misalnya anda bekerja sama dengan toko baju terdekat di lokasi bisnis anda dan lain sebagainya.

Lakukan promosi dan iklan

Promosi dan iklan adalah kunci utama agar calon konsumen bisa menemukan produk yang anda tawarkan. Jangan anda memiliki stok banyak tetapi tidak ada upaya memasarkan sama sekali. Hanya di pajang di website dan sosial media saja.

Buatlah brand khusus agar orang mudah mengenal

Brand atau merek akan membantu konsumen untuk mengenali bisnis anda. Buatlah brand yang mudah diingat dan bersifat positif. Konsumen akan mengenal anda dari brand dan nama toko anda. Selain itu orang lain juga akan lebih mudah merujukkan bisnis anda jika pelayanan yang anda berikan memuaskan.

Lakukan endorsement dengan tokoh/orang terkenal

Endorsement merupakan suatu cara untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen melalui tokoh atau orang terkenal. Anda bisa memberikan sampel produk anda secara gratis kepada mereka, kemudian mintalah mereka untuk merekomendasikan dan mempostingnya di sosial media miliknya.