Rahasia Menabung Untuk Membuka Usaha

menabung untuk usahaTIPSWIRAUSAHA.COM – Menjalankan bisnis kadang sebuah keputusan sulit dalam hidup bagi sebagian orang. Banyak orang yang berfikir bahwa membuka usaha sama halnya dengan mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan keuntungan. Bukan dengan cara bekerja yang terikat waktu seperti yang dilakukan oleh orang pada umumnya.

Terdapat tipe orang yang tidak terlalu berfikir banyak untuk memulai usaha, meskipun tidak memiliki modal yang cukup. Namun ada pula sebagian orang yang harus bekerja dulu untuk mendapatkan modal dan kemudian barulah mengukuhkan diri untuk memulai bisnis dengan modal tersebut. Apabila anda termaasuk dalam golongan yang kedua, bacalah tips berikut agar bisa mengumpulkan dana dari bekerja untuk memulai usaha.

Perhitungkan kebutuhan primer

Jika saat ini anda sedang bekerja, penuhilah kebutuhan anda saat ini terutama yang bersifat primer. Seperti sandang papan dan pangan. Apabila anda berniat untuk membuka usaha satu tahun kemudian, siapkan dana selama satu tahun kemudian untuk kebutuhan primer anda. Terutama untuk makan anda dan keluarga.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa anda dan keluarga tercukupi kebutuhannya. Disiplinlah untuk mengelola keuangan ini sebelum uang anda habis digunakan untuk hal yang lainnya.

Siapkan dana darurat

Dana darurat akan digunakan sewaktu waaktu, siapkanlah dana tersebut secukupnya. Misalnya 10 juta atau 5 juta, siapkan dalam tabungan atau dalam bentuk investasi deposito dan lainnya. Tabungan dana darurat ini yang akan anda gunakan pada saat keuangan anda sangat limit ketika sedang menjalankan usaha.

Disiplin melakukan pembukuan keuangan

Pembukuan keuangan diperlukan untuk memastikan penghasilan anda setiap bulan digunakan untuk hal yang produktif. Berhematlah agar anda bisa menyisihkan dana lebih banyak. Pembukuan yang rutin dan tertib serta selalu mengevaluasi penggunaan dan sangat penting agar anda terhindar dari penggunaan dana yang tidak penting.

Menambah pemasukan dari sektor lain

Selain disiplin untuk menyisihkan dana yang akan anda gunakan untuk membuka usaha. Anda juga perlu mencoba untuk mendapatkan pendapatan dari berbagai sektor lain, misalnya anda mencoba membuka usaha kecil-kecilan tanpa mengganggu pekerjaan utama anda. Selain mendapat penghasilan, hal ini juga dapat mengasah insting bisnis anda.

Sebagian besar orang memiliki target dana yang akan dikumpulkan untuk membuka usaha. Namun mereka terkadang tidak mencapai target pengumpulan dana karena tingkat konsumtif yang tinggi. Selain itu juga tidak disiplin dalam mengelola keuangan.

Apabila anda bertekad untuk tetap menjadi pengusaha, berapapun dana yang anda sudah kumpulkan lakukanlah untuk membuka usaha. Buatlah usaha anda stabil secepat mungkin sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Ambillah peluang secepat mungkin karena peluang tidak akan datang menemui anda untuk yang kedua kalinya. Percayalah pada diri sendiri bahwa anda bisa menjadi sukses menjadi pembisnis handal.